PENGGUNAAN CRUDE FISH OIL (CFO) PADA PAKAN TERHADAP KANDUNGAN RETENSI LEMAK DAN RETENSI ENERGI KEPITING BAKAU (Scylla serrata)

SITI HADIJAH, 141211132003 (2016) PENGGUNAAN CRUDE FISH OIL (CFO) PADA PAKAN TERHADAP KANDUNGAN RETENSI LEMAK DAN RETENSI ENERGI KEPITING BAKAU (Scylla serrata). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKC KK PK BP 64-16 Had p. - Abstrak.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
KKC KK PK BP 64-16 Had p..pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kepiting bakau (Scylla serrata) merupakan biota air payau yang memiliki potensi pasar yang cukup luas di dalam negeri maupun luar negeri, hal tersebut dikarenakan kepiting bakau (Scylla serrata) memiliki rasa yang lezat, enak dan bergizi tinggi. Pakan alami kepiting bakau adalah ikan rucah, salah satu contoh yaitu ikan kuniran yang memiliki kandungan gizi sebesar protein 15,43%, lemak 0,46%, air 84,29% dan abu 0,77%. Kebutuhan lemak pakan kepiting adalah 4,8-10,8%, namun ikan kuniran memiliki lemak 0,46% sehingga membutuhkan lemak tambahan. Penggunaan lemak dalam pakan ikan sangat penting dalam menunjang laju pertumbuhan ikan. Ikan membutuhkan lemak sebagai sumber energi. Hal inilah yang menyebabkan biaya produksi meningkat untuk penyediaan pakan yang membutuhkan kandungan lemak yang efisien oleh karena itu, perlu dilakukan upaya menambahkan minyak ikan Crude Fish Oil (CFO) yang merupakan salah satu sumber asam lemak kaya manfaat karena terkandung lemak kasar sebesar 55,8791%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Crude Fish Oil (CFO) pada pakan berpengaruh terhadap retensi lemak dan retensi energi kepiting bakau (Scylla serrata). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret – April di Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. Metode penelitian yang akan digunakan adalah metode eksperimental dengan rancangan acak lengkap. terdiri atas lima perlakuan dan empat kali ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah penambahan Crude Fish Oil (CFO) 0%, 2%, 4%, 6% dan 8% pada pakan. Analisis data yang digunakan adalah statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa retensi lemak dan retensi energi antar perlakuan tidak berbeda nyata (p>0,05). Dari hasil penelitian disimpulkan penggunaan Crude Fish Oil (CFO) pada pakan tidak memberikan peningkatan terhadap retensi lemak dan retensi energi kepiting bakau (Scylla serrata).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 64-16 Had p
Uncontrolled Keywords: Crude Fish Oil, Mud Crabs
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334.9-336.5 Fishery processing
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
SITI HADIJAH, 141211132003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
ContributorWidya Paramita Lokapirnasari, Dr., drh., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 20 Apr 2017 18:25
Last Modified: 20 Apr 2017 18:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56721
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item