PENGARUH PENAMBAHAN COD LIVER OIL PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP RASIO ASAM LEMAK JENUH DAN ASAM LEMAK TAK JENUH PADA DAGING UDANG GALAH (Macrobrachium rosenbergii)

LUTFI MARZUKI, 141211132112 (2016) PENGARUH PENAMBAHAN COD LIVER OIL PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP RASIO ASAM LEMAK JENUH DAN ASAM LEMAK TAK JENUH PADA DAGING UDANG GALAH (Macrobrachium rosenbergii). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKC KK PK BP 67-16 Mar p. - Abstrak.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
KKC KK PK BP 67-16 Mar p..pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Udang adalah salah satu komoditas primadona di Sub Sektor perikanan yang diharapkan dapat meningkatkan devisa negara. Produksi udang di Indonesia dihasilkan dari hasil penangkapan dan budidaya. Budidaya udang galah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Pakan memegang peranan yang penting dalam kegiatan budidaya karena berpengaruh secara dominan terhadap pertumbuhan ikan. Pakan harus mengandung semua komponen nutrisi penting agar ikan memiliki kemampuan untuk bertahan dari penyakit dan tumbuh sesuai yang diinginkan. Pemberian pakan dengan komponen nutrisi yang tepat dapat menghasilkan produk ikan sehat dan berkualitas tinggi. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan adalah asam lemak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan Cod Liver Oil pada pakan komersial terhadap rasio kandungan asam lemak jenuh dan tak jenuh pada daging udang galah dan menetukan rasio terbaik ditinjau dari kandungan kolesterol dan laju pertumbuhan. Penelitian ini dilakukan secara eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan yang diberikan dosis cod liver oil 0% (control), dan perlakuan 1-4 menggunakan 3% dosis penambahan setiap perlakuan. Analisis data menggunakan ANOVA dan dilanjutkan dengan uji Duncan. Berdasarkan hasil penelitian pemberian cod liver oil pada pakan komersial tidak berpengaruh terhadap menurunnya kandungan asam lemak jenuh pada daging udang galah, rasio terbaik terdapat pada perlakuan 4 dengan dosis 12%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 67-16 Mar p
Uncontrolled Keywords: Cod Liver Oil, Freshwater Prawn
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334.5-334.7 Fishery technology
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
LUTFI MARZUKI, 141211132112UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
ContributorBoedi Setya Rahardja, Ir., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 20 Apr 2017 19:44
Last Modified: 20 Apr 2017 19:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56736
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item