RESPON PENAMBAHAN ZAT PENGATUR TUMBUH NAA DAN KINETIN UNTUK INDUKSI DAN DIFERENSIASI KALUS PADA BUDIDAYA JARlNGAN ANGGUR (Vitis Labrusca var. isabella)

Farida Sofiati, 089210993 (1997) RESPON PENAMBAHAN ZAT PENGATUR TUMBUH NAA DAN KINETIN UNTUK INDUKSI DAN DIFERENSIASI KALUS PADA BUDIDAYA JARlNGAN ANGGUR (Vitis Labrusca var. isabella). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk mp B 24.97 sof r.pdf

Download (400kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Anggur (Vilis labrusca var. Isabella) merupakan komoditi hortikultura yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Namun perkembangan tanaman anggur di Indonesia masih jauh dari memuaskan, sehingga perlu usaha untuk mempercepat perkembangan tanaman anggur dengan penyediaan bibit dalam jumlah banyak. Teknik budidaya jaringan merupakan alternatif yang baik untuk memecahkan masalah tersebut oi atas. Penggunaan teknik ini mengarah pada perbanyakan dalam waktu relatif singkat dapat dihasilkan bibit tanaman dalam jumlah yang banyak dan seragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan konsentrasi zat pengatur tumbuh NAA dan kinetin yang paling sesuai untuk induksi kalus, serta perbandingan konsentrasi zat pengatur tumbuh NAA dan kinetin yang paling baik untuk diferensiasikalus eksplan daun Vilis labrusca var. Isabella. Penelitian dilakukan di Laboratorium Biologi Reproduksi Bagian Kultur Jaringan, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Airlangga selama 5 bulan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap. Media yang dipergunakan adalah media MS (Murashige dan Skoog) dan perbandingan konsentrasi NAA dan kinetin diberikan secara kombinasi, meliputi 0 ppm, 1 ppm, 2 ppm, 3 ppm dan 4 ppm. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan konsentrasi zat pengatur tumbuh yang paling sesuai untuk pembentukan kalus dan diferensiasi kalus menjadi akar adalah 2 ppm NAA : 3 ppm kinetin. Akan tetapi, dari semua perlakuan ternyata kalus belum dapat membentuk tunas. Kemungkinan kalus harus disub-kultur ke dalam media diferensiasi yang sesuai agar tunas dapat terbentuk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB 24/97 Sof r
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
Farida Sofiati, 089210993UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantEdy Satiti Wida U, Dra., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 21 Apr 2017 01:53
Last Modified: 21 Apr 2017 01:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56770
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item