UJI AKTIVITAS ANTIDIABETES EKSTRAK KERING BIJI MAHONI TERSTANDAR (Swietenia mahagoni Jacq) PADA MENCIT YANG DIINDUKSI ALOKSAN

GDA Novia Pegin Wardani, - (2016) UJI AKTIVITAS ANTIDIABETES EKSTRAK KERING BIJI MAHONI TERSTANDAR (Swietenia mahagoni Jacq) PADA MENCIT YANG DIINDUKSI ALOKSAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text (fulltext)
ff ft 12 16.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang menjadi permasalahan di dunia. Peningkatan jumlah penderita diabetes melitus terjadi dari tahun ketahun, sehingga perlu adanya upaya untuk mencegah ataupun mengobati penyakit diabetes melitus tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengobati diabetes melitus adalah salah satunya dengan obat tradisional yang berasal dari alam. Pengunaan obat tradisional merupakan tradisi nenek moyang yang telah ada sejak zaman dulu. Sehingga dalam hal ini penggunaan obat tradisonal sudah menjadi kebiasaan atau tradisi masyarakat Indonesia itu sendiri. Literatur Etnobotani melaporkan sekitar 800 tanaman memiliki potensi antidiabetes dan lebih dari 1.200 spesies menunjukkan sebagai aktivitas antidiabetes. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah merekomendasikan untuk memanfaatkan tanaman tradisional untuk pengobatan diabetes (Kitukale and Chandewar, 2014). Salah satu tanaman Indonesia yang dapat di manfaatkan adalah biji mahoni (Swietenia mahagoni Jacq). Dari beberapa penelitian menunjukkkan hasil bahwa pada biji mahoni (Swietenia mahagoni Jacq) memiliki aktivitas sebagai antidiabetes. Pada biji mahoni terdapat kandungan kimia utama berupa senyawa golongan tetranortriterpenoid, swietenin yang memiliki efek hipoglikemik (Preedy et al, 2011).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FF FT 12 16
Uncontrolled Keywords: Diabetes mellitus, Antidiabetic activity, Swietenia mahagoni seeds dry extract, alloxan
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Farmakognosi Fitokimia
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
GDA Novia Pegin Wardani, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
Contributor-, -UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 21 Apr 2017 22:26
Last Modified: 21 Apr 2017 22:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56776
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item