ANALISA PENGARUH PENERAPAN MANAJEMEN KUALITAS DENGAN MBNQA KRITERIA TERHADAP KINERJA BISNIS PADA RUMAH SAKIT ISLAM JEMURSARI SURABAYA

ARIEF SABDA PIETRA MUKTI SUTIKNO, 041012391 (2015) ANALISA PENGARUH PENERAPAN MANAJEMEN KUALITAS DENGAN MBNQA KRITERIA TERHADAP KINERJA BISNIS PADA RUMAH SAKIT ISLAM JEMURSARI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-sutiknoari-38872-5.abstr-k.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fulltext5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dewasa ini, tingginya pertumbuhan penduduk diiringi dengan kebutuhan produk atau jasa kesehatan yang berkualitas. Dalam hal upaya meningkatkan kualitas produk atau jasa, mulai banyak praktek dan teori yang berkembang didunian bisnis. Salah satu praktek dalam meningkatkan kualitas adalah melalui implementasi Total Quality Management atau TQM, TQM merupakan salah satu upaya perbaikan secara keseluruhan dan kontinyu. Dari beberapa literatur menjelaskan bahwa implementasi TQM akan meningkatkan kualitas dari produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan yang dapat memicu kinerja perusahaan kearah yang lebih baik. Dalam hal ini, melalui penerapan TQM suatu perusahaan akan memiliki nilai unggul tersendiri bila dibandingkan kompetirotnya yang tidak menerapkan sistem manajemen kualitas dalam lini proses bisnisnya. Salah satu upaya dalam implementasi TQM dapat dilakukan dengan kriteria MBNQA yang terdiri dari kepemimpinan, perencanaan strategis, fokus pelanggan, pekuruan, analisis, dan manajemen pengetahuan, fokus tenaga kerja, manajemen proses, dan hasil bisnis. RSI Jemursari Surabaya sebagai salah satu rumah sakit islam dari yayasan rumah sakit islam Surabaya (YARSIS) telah menerapkan MBNQA dalam operasional bisnisnya. Melalui penelitian ini bertujuan melihat hubungan antara implementasi TQM melalui kriteria MBNQA terhadap kinerja bisnis rumah sakit islam jemursari. Data dianalisis menggunakan path analysis menggunakan metode Partial Least Square dengan bantuan software SmartPLS. Dari hasil penelitian diperoleh t-statistic untuk kriteria fokus pelanggan sebesar 6,153 manajemen proses sebesar 5,451; kepemimpinan 5,168; perencanaan strategis 4,314; dan hasil bisnis 2,628. Sedangkan pengukuran, analisis, dan manajemen pengetahuan tidak terbukti signifikan pengaruhnya dan berpengaruh negatif dengan nilai koefisien path-0,014 dengan t hitung 0,288 dan fokus tenaga kerja tidak terbukti signifikan dengan nilai koefesien path 0,020 dengan t hitung 0,349.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 251/15 Sut a
Uncontrolled Keywords: TOTAL QUALITY MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ARIEF SABDA PIETRA MUKTI SUTIKNO, 041012391UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFEBRIANA WURJANINGSIH, S.E., MT.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 11 Nov 2015 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 19:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5678
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item