PENGARUH JUMLAH UANG BEREDAR, PRODUK DOMESTIK BRUTO, INFLASI YANG DIHARAPKAN, KEBIJAKSANAAN DEVALUASI DAN OPPORTUNITY COST UNTUK MEMEGANG UANG TERHADAP INFLASI DI INDONESIA (1969-1994)

SULAIMAN, 048812804 (1997) PENGARUH JUMLAH UANG BEREDAR, PRODUK DOMESTIK BRUTO, INFLASI YANG DIHARAPKAN, KEBIJAKSANAAN DEVALUASI DAN OPPORTUNITY COST UNTUK MEMEGANG UANG TERHADAP INFLASI DI INDONESIA (1969-1994). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK C 640.97 Sul P(1997).pdf

Download (70kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keadaan perekonomian tidak selalu sesuai dengan yang dikehendaki oleh pemerintah maupun masyarakat. Tingkat inflasi yang tinggi, pengangguran yang tinggi, neraca pembayaran luar negeri yang defisit merupakan peristiwa moneter yang sangat penting dan dijumpai di hampir semua negara di dunia. Masalah inflasi merupakan salah satu masalah moneter yang penting yang banyak dihadapi baik oleh negara-negar maju maupun negara-negara berkembang. Penelitian tentang inflasi ini didasarkan pada pemikiran, bahwa pemerintah nampak sangat mengkhawatirkan terjadinya inflasi yang tinggi terlihat dalam berbagai kebijaksanaan yang diambil mengarah pada pengendalian inflasi. Oleh karena itu, penelitian ini memfokuskan pada identifikasi sumber utama inflasi di Indonesia dengan dugaan bahwa jumlah uang beredar pada periode 1 sebagai sumber utamanya. Adapun permasalahan yang ingin diteliti dalam penelitian ini adalah seberapa besar variabel-variabel jumlah uang beredar pada periode I, jumlah uang beredar pada periode t-1, jumlah uang beredar pada t-2, jumlah uang beredar pada t-3, Produk Domestik Bruto pada periode t, PProduk Domestik Bruto pada periode t-1, Produk Domestik Bruto pada periode t-2, inflasi yang diharapkan opportunity cost untuk memegang uang dan kebijaksanaaan devaluasi mempengaruhi inflasi di Indonesia. Setelah dianalisa dengan model-model analisis egresi maka diketahui bahwa variabel inflasi yang diharapkan, Produk Domestik Bruto pada periode t, Produk Domestik Bruto pada periode t-1, Produk Domestik Bruto pada periode t-2, jumlah uang beredar pada periode t dan opportunity cost untuk memegang uang berpengaruh terhadap inflasi di Indonesia. Dengan demikian, kebijaksanaan pemerintah yang dimaksudkan untuk mengendalikan inflasi kurang sesuai bila hanya memfokuskan pada kebijaksanaan moneter saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK C 640.97 Sul p FILE FULLTEXT TIDAK ADA
Uncontrolled Keywords: Masalah Keuangan
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ2351 Inflation and taxation
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3820-3836 Economic constitution, policy, planning, and development
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsEmail
SULAIMAN, 048812804UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDJOKO MURSINTO, Drs.,Ec.,M.EcUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 24 Apr 2017 18:49
Last Modified: 24 Apr 2017 18:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56787
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item