HARAPAN DAN REALITA MUTU LAYANAN YANG DIPERSEPSIKAN OLEH SISWA PADA PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2008 DI SMA NEGERI 1 SIDOARJO

FAJAR TAUFIK DWICHANDRA, 041112085 (2015) HARAPAN DAN REALITA MUTU LAYANAN YANG DIPERSEPSIKAN OLEH SISWA PADA PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2008 DI SMA NEGERI 1 SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-dwichandra-38873-5.abstr-k.pdf

Download (83kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder28.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ketatnya persaingan menuntut individu untuk lebih siap dalam menghadapi era globalisasi. Individu dituntut untuk mempunyai value added atau nilai tambah agar mampu bersaing dalam era globalisasi. Sumerta et al. (2013) menyatakan bahwa rendahnya mutu pendidikan nasional telah berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung terhadap rendahnya mutu dan daya saing sumber daya manusia di era globalisasi. Menurut Tan dan Kek (2000) kualitas dalam konteks pendidikan tergantung dari apakah edukasi yang disediakan sudah sesuai dengan kebutuhan dan harapan yang benar-benar dibutuhkan oleh para siswa. Menurut Irnawati et al. (2013) salah satu cara peningkatan kualitas pendidikan di SMA dan sederajat dapat dilakukan melalui pelaksanaan manajemen sekolah yang baik. Manajemen sekolah yang baik adalah manajemen yang menitikberatkan pada peningkatan masalah mutu dan berstandar internasional seperti ISO 9001:2008. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada kesenjangan antara harapan dan realita siswa terhadap penerapan ISO 9001:2008 di SMAN 1 Sidoarjo melalui 8 (delapan) prinsip manajemen mutu yaitu : 1.) Fokus Pada Pelanggan, 2.) Kepemimpinan, 3.) Keterlibatan Personal, 4.) Pendekatan Proses, 5.) Pendekatan Sistem Manajemen, 6.) Perbaikan Berkelanjutan, 7.) Pengambilan Keputusan Berdasarkan Fakta, dan 8.) Hubungan yang Menguntungkan dengan Pemasok. Dengan kedelapan prinsip tersebut penulis ingin mengetahui apakah ada atribut-atribut dari prinsip tersebut yang tidak sesuai dengan apa yang dirasakan siswa dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan survei harapan dan realita kepada siswa-siswi SMA Negeri 1 Sidoarjo yang kemudian hasil gap nya diolah menggunakan IPA untuk mengetahui atribut yang menjadi prioritas perbaikan. Setelah itu diberikan usulan perbaikan menggunakan diagram cause and effect. Adapun hasilnya terdapat 7 (tujuh) atribut yang perlu prioritas perbaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 253/15 Dwi h
Uncontrolled Keywords: TOTAL QUALITY MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
FAJAR TAUFIK DWICHANDRA, 041112085UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHERMAWANTO, Drs. M.Sc., MBAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 11 Nov 2015 12:00
Last Modified: 26 Oct 2016 19:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5679
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item