ANALISIS INDUSTRI ASURANSI JIWA DI INDONESIA DITINJAU DARI TEORI Structure Conduct Performance

Zamroni, 049214127 (1997) ANALISIS INDUSTRI ASURANSI JIWA DI INDONESIA DITINJAU DARI TEORI Structure Conduct Performance. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK C 645.97 Zam A(1997).pdf

Download (66kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Industri asuransi jiwa sebagai industri yang bergerak dalam bidang jasa yang abstrak yang memberikan jaminan atas resiko yang mungkin timbul pada diri tertanggung, sampai sekarang masih perlu dilakukan penanganan dan perbaikan, meskipun industri yang bersangkutan merupakan industri yang telah lama berdiri sebehun Indonesia merdeka Dengan melihat keadaan industri yang demikian, pemerintah mencoba memberikan arahan dengan dikeluarkannya berbagai macam kebijakan dalam bidang asuransi pada umunnya dan asuransi jiwa pada khususnya Penulisan skripsi ini dimaksudkan penulis lUltuk memberikan gambaran mengenai kondisi industri asuransi jiwa di Indonesia dilihat dari sudut teori ilmu ekonomi industri dengan pendekatan Teori Structure-Conduct-Performance (S-C-P) versi Strukturalis dengan memperhatikan peranan kebijaksanaan Pemerintah. Dalam menganalisis industri asuransi jiwa di Indonesia juga digunakan teori-teori lain yang berkaitan yang Ineliputi: teori produksi, teori oligopoli, teori permintaan dan investasi. Berdasarkan data empiris dengan mengacu pada landasan teoritis, penulis mendapatkan suatu kesimpulan bahwa industri asuransi jiwa di Indonesia mmpunyai struktur pasar right oligopoli dengan melihat market share masing-masing perusahaan asuransi jiwa melalui perhitungan premi yang berhasil dihimpunnya Pemerintah berperan dalam memelihara struktur oligopoli, karena pemerintah turut mempengaruhi masuknya perusahaan asuransi jiwa asing dan penutupan polis oleh pihak asing. Conduct firm yang ditunjukkan oleh industri asuransi jiwa di Indonesia adalah perilaku oligopoli. Perilaku tersebut nampak dalam diferensiasi produk yang dihasilkan dan kerjasama dalam Dewan Asuransi Indonesia Kerjasama itu dalam bentuk koordinasi antara perusahaan yang ada, seperti pelaporan kegiatan usaha dan penetapan premi. Conduct, sebagai akibat adanya peran pemerintah adalah nampak dalam hal penempatan bentuk investasi yang ditentukan oleh pemerintah. Performance yang nampak merupakan performance yang berkaitan dengan masyarakat konsumen. Dimana masyarakat memperoleh jaminan pertanggungan, yang berarti adanya rasa aman yang bisa ditimbulkan dari arlanya pertanggtmgan tersebut. Sebagai IeJnbaga penyerap dan penyalur dana masyarakat melalui premi yang dihimplUl) sehagian digtmakan lUltuk menjalankan aktivitas perusahaan, dan cadangan klaim. Disamping itu perusahaan asw-ansi jiwa juga melakukan investasi yang mengunhmgkan, yang akan mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam memberikan pertanggungan dan ganti rugi, juga turnt mengembangkan kegiatan perekonomian sebagai bukti adanya peran perusahaan asuransi jiwa sebagai lembaga penyerap dan penyalur dana masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG8075-8107 Insurance business. Insurance management
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG8205-8220 Government insurance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Zamroni, 049214127UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSOERANDI, Ny.,Wlw.,Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 24 Apr 2017 19:28
Last Modified: 24 Apr 2017 19:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56793
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item