PENGARUH LINGKUNGAN MIKRO TERHADAP PREFERENSI PERSARANGAN BURUNG WALET GUA (Collocalia fuciphaga) DI GUA MELIRANG KABUPATEN GRESIK

INTAN RACHMA FITRI, 089210901 (1997) PENGARUH LINGKUNGAN MIKRO TERHADAP PREFERENSI PERSARANGAN BURUNG WALET GUA (Collocalia fuciphaga) DI GUA MELIRANG KABUPATEN GRESIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk mpb 01.97 Fit p.pdf

Download (444kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pennasalahan apakah ada perbedaan jUmlah sarang burung walet antar zona di dalam gua yang berbeda kondisi pencahayaan. suhu dan kelembaban serta apakah ada hubungan antara kondisi iklim mikro (pencahayaan suhu dan kelembaban) dalam gua dengan banyaknya sarang burung walet pada zona pengamatan. Penelitian dilakukan pada bulan September-Desember 1996, saat burung walet aktif membuat sarang di gua Melirang, kabupaten Gresik. Dalam penelitian ini terdapat lima zona dan setiap zona terdapat lima plot yang dibagi secara acak atau random. Parameter pengamatan adalah jUmlah sarang yang dibangun dalam masing-masing plot dalam zona pengamatan. Rancangan penelitian berupa rancangan Ex Post Facto, analisi data dengan menggunakan Kruskal-Wallis yang dilanjutkan dengan U Mann Whitney. Untuk mengetahui korelasi antara iklim mikro dengan jUmlah sarang dilanjutkan dengan Korelasi Spearman. Dari hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan jumlah sarang antar zona yang berbeda kondisi pencahayaan, suhu dan kelembaban, terdapat korelasi positif tidak signifikan antara intensitas cahaya dan jumlah sarang, terdapat korelasi negatif signifikan antara suhu dengan jumlah sarang, dan terdapat korelasi positif yang signifikan antara kelembaban dengan jUmlah sarang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB 01/97 Fit p
Uncontrolled Keywords: Burung walet (Collocaliajuciphaga), preferensi persarangan. iklim mikro (pencahayaan. suhu dan kelembaban)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
INTAN RACHMA FITRI, 089210901UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantH.A Soeparmo, Prof. , MSUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 25 Apr 2017 16:17
Last Modified: 25 Apr 2017 16:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56815
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item