PENGARUH TINGKAT BUNGA SBI DAN SPBU TERHADAP TINGKAT BUNGA KREDIT

BRILYANTINI, 048812878 (1997) PENGARUH TINGKAT BUNGA SBI DAN SPBU TERHADAP TINGKAT BUNGA KREDIT. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK C 647.97 Bri P(1997).pdf

Download (55kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Makin liberalnya sistem perbankan di Indonesia menyebabkan perekonomian cenderung menjadi overheated dan inflasi cenderung meningkat. Tingginya laju inflasi mendorong pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan uang ketat beberapa waktu lalu guna menjaga agar laju inflasi tetap dibawah 2 digit. Untuk menahan laju jumlah uang beredar, pemerintah menggunakan dua alat, yaitu melalui Kredit Likuiditas Bank Indonesia serta melalui penjualan Sertifikat Bank Indonesia (SBI). Akibat kebijakan ini, perbankan semakin giat memobilisasi dana masyarakat sebagai pengganti dana yang digunakan, dengan cara perang suku bunga tabungan dan deposito diantara perbankan. Alat kebijakan moneter yang paling panting untuk mempengaruhi jumlah uang beredar adalah dengan Operasi Pasar Terbuka (OPT), yaitu pembelian dan penjualan surat berharga di pasar terbuka. Melalui jalur 1n1, kemampuan bank sentral dalam mengatur jumlah uang beredar tergantung pada kemampuannya mengatur cadangan pada perbankan. Diharapkan, dengan kebijakan ini pemerintah dapat mengendalikan inflasi melalui pengaturan terhadap jumlah uang beredar serta kredit yang diberikan oleh sektor perbankan. Hasil regresi pertama dalam penelitian ini menunjukkan hasil yang buruk, yang dicerminkan dari adanya multikolinieritas serta otokorelasi sehingga model tidak dapat dianalisis. Hal tersebut disebabkan adanya data SBPU yang MISSING pada tahun 1989 dan 1990, karena tidak terdapatnya data yang dibutuhkan pada laporan-Iaporan pemerintah dan Bank Indonesia. Untuk menghindarinya, penulis mengambil cara, hanya menggunakan data diatas tahun 1990 hingga 1995, sehingga data MISSING dapat dihindari. Dari hasil regresi kedua dapat dibuktikan, bahwa kebijakan pemerintah mengendalikan inflasi, khususnya melalui operasi pasar terbuka mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap suku bunga, dalam hal ini suku bunga kredit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK C 647/97 Bri p FILE FULLTEXT TIDAK ADA
Uncontrolled Keywords: Bank, Bunga Bank, Kredit
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1641-1643 Bank loans. Bank credit. Commercial loans
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG3691-3769 Credit. Debt. Loans
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
BRILYANTINI, 048812878UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTJUK K, SUKIADI, Drs.,Ec.UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 26 Apr 2017 17:13
Last Modified: 27 Apr 2017 00:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56867
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item