ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNA TERHADAP APLIKASI PENGOLAHAN ADMINISTRASI DESA SECARA ELEKTRONIK (PADE) DI KABUPATEN LAMONGAN MENGGUNAKAN MODEL TASK TECHNOLOGY FIT (TTF)

MELINDA WERIDIANTI YUSUF, 081016052 (2016) ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNA TERHADAP APLIKASI PENGOLAHAN ADMINISTRASI DESA SECARA ELEKTRONIK (PADE) DI KABUPATEN LAMONGAN MENGGUNAKAN MODEL TASK TECHNOLOGY FIT (TTF). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI 39-16 Yus a ABSTRAK.pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
ST.SI 39-16 Yus a SKRIPSI-min.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Analisis penerimaan pengguna terhadap aplikasi Pengolahan Administrasi Desa Secara Elektronik (PADE) bertujuan untuk mengukur kepuasaan pengguna dan kemudahan penggunaan sistem informasi (user friendly) terhadap aplikasi. Aspek kepuasaan pengguna dapat diukur melalui evaluasi penerimaan aplikasi dengan penggunaan model Task Technology Fit (TTF). PADE merupakan aplikasi untuk mengolah data administrasi kependudukan, keuangan, pertanahan, dan potensi desa serta pengolahan administrassi surat menyurat secara cepat, efektif, efisien, dan akurat serta dapat dipertanggung jawabkan dengan menggunakan teknologi berbasis elektronik. Penelitian ini adalah penelitian survey dan diadaptasi dari model TTF dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada 86 Sekretaris Desa atau perangkat desa di Kelurahan Kabupaten Lamongan. Data kuesioner dianalisis menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLSSEM) dengan tools SmartPLS. Proses analisis PLS-SEM diawali dengan evaluasi model pengukuran. Selanjutnya dilakukan evaluasi model struktural. Hasil analisa PLS-SEM kemudian diinterpretasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi model pengukuran telah valid, reliabel, dan dapat diterima secara substansial berdasarkan hasil pengujian data. Selanjutnya hasil evaluasi model struktural yang diperoleh menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap minat pemanfaatan Aplikasi PADE antara lain Karakteristik Teknologi, dan Dampak Kinerja. Rekomendasi agar perilaku penggunaan aplikasi PADE meningkat dan dapat dicapai dengan beberapa tindakan. Pihak Pengolahan Data Elektronik (PDE) harus menggali lebih dalam faktor-faktor pembentuk minat pemanfaatan aplikasi PADE untuk mengupayakan penggunaan aplikasi PADE yang lebih intensif. Selain itu peningkatan infrastruktur teknis yang tersedia (misalnya Individu yang terampil dalam IT, dan pelatihan aplikasi PADE yang baik) juga berperan dalam meningkatkan perilaku penggunaan aplikasi PADE. Hasil dari evaluasi Aplikasi PADE yang diperoleh bisa memberikan rekomendasi kebutuhan yang harus diperhatikan dan menjadi hal yang bisa dikembangkan untuk penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI 39/16 Yus a
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
MELINDA WERIDIANTI YUSUF, 081016052UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEva Hariyanti, S.Si., MT.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 26 Apr 2017 22:49
Last Modified: 02 Aug 2017 02:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56924
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item