PENYUSUNAN PANDUAN PENGENDALIAN APLIKASI UNTUK APLIKASI MANAJEMEN PERALATAN DAN KALIBRASI DI PERUSAHAAN PENERBANGAN BERDASARKAN PANDUAN COBIT AND APPLICATION CONTROL

ALWAN IKDAMAWAN YUNIARSYAH, 081211633002 (2016) PENYUSUNAN PANDUAN PENGENDALIAN APLIKASI UNTUK APLIKASI MANAJEMEN PERALATAN DAN KALIBRASI DI PERUSAHAAN PENERBANGAN BERDASARKAN PANDUAN COBIT AND APPLICATION CONTROL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI 38-16 Yun p ABSTRAK.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
ST.SI 38-16 Yun p SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perusahaan penerbangan saat ini telah mengembangkan bisnisnya dari operator penerbangan menjadi perusahaan yang memiliki bisnis di bidang catering, transpotasi darat, Teknologi informasi (TI), wisata dan maintenance repair and overhaul (MRO). MRO memiliki bidang keahlian yang harus ditangani mulai dari engine, cabin, dan painting. MRO memiliki berbagai unit di setiap departemen yang didukung oleh plan production control dan TI dalam proses bisnisnya. Unit MRO tersebut adalah manajemen peralatan dan kalibrasi yang memiliki aplikasi manajemen peralatan dan kalibrasi yang digunakan untuk mendukung proses bisnis. Adanya sebuah proses bisnis dan aplikasi pada manajemen peralatan dan kalibrasi maka dibutuhkan sebuah pengendalian untuk menyelesaikan atupun mencegah case-case permasalahan yang berupa case authorization, validity, acuracy dan integrity. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun sebuah panduan pengendalian aplikasi untuk aplikasi manajemen peralatan dan kalibrasi. Unit manajemen peralatan dan kalibrasi merupakan area yang dipilih karena memliki peran penting dalam sudut pandang konsumen dan perusahaan. Penyusunan panduan pengendalian aplikasi untuk aplikasi manajemen peralatan dan kalibrasi dilakukan dalam delapan tahap. Tahap pertama adalah identifikasi application control requirement yang terdiri dari tahap identifikasi pentingnya aplikasi bagi perusahaan dan tahap identifikasi manfaat dan keadaan dari control objectives. Tahap kedua adalah tahap penyusunan control practice berdasarkan application control requirement. Tahap ketiga adalah identifikasi information objective, information criteria dan control activity atribut dari control practice. Tahap keempat adalah penentuan peran dan tanggung jawab. Tahap kelima adalah penyusunan panduan pengendalian aplikasi. Tahap keenam adalah penetuan work products. Tahap ketujuh adalah verifikasi panduan pengendalian aplikasi dan tahap kedelapan adalah perbaikan panduan pengendalian aplikasi. Hasil penelitian ini berupa panduan panduan pengendalian aplikasi untuk aplikasi manajemen peralatan dan kalibrasi. Hasil identifikasi application control requirement pada manajemen peralatan meliputi AC2 sampai AC5 sedangkan identifikasi application control requirement pada manajemen kalibrasi meliputi AC2 dan AC4. Hasil uji coba menunjukkan bahwa 78% responden menyatakan bahwa panduan pengendalian aplikasi yang disususn dapat memenuhi kebutuhan dan dapat menyelesaikan permasalahan di unit manajemen peralatan dan manajemen kalibrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI 38/16 Yun p
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
ALWAN IKDAMAWAN YUNIARSYAH, 081211633002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEva Hariyanti, S.Si., M.T.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 27 Apr 2017 00:21
Last Modified: 27 Apr 2017 00:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56935
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item