RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PERAMALAN JUMLAH KUNJUNGAN PASIEN MENGGUNAKAN METODE EXPONENTIAL SMOOTHING (STUDI KASUS RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA)

PUSPITA SARI, 081211631054 (2016) RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PERAMALAN JUMLAH KUNJUNGAN PASIEN MENGGUNAKAN METODE EXPONENTIAL SMOOTHING (STUDI KASUS RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI 36-16 Sar r ABSTRAK.pdf

Download (141kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI 36-16 Sar r SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sumber daya manusia dan sumber daya material merupakan faktor penting dalam keberlangsungan aktivitas sehari-hari. Ketidak seimbangan antara jumlah kunjungan pasien dengan sumber daya dapat diminimalkan dengan adanya peramalan. Penelitian ini bertujuan merancang bangun sistem pendukung keputusan untuk peramalan jumlah kunjungan pasien menggunakan metode Exponential Smoothing studi kasus Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universsitas Airlangga Tahapan-tahapan dalam membangun sistem pendukung keputusan ini yang pertama adalah tahapan pengumpulan data yang digunakan untuk identifikasi kebutuhan. Tahap kedua yaitu pengolahan data dan informasi, jumlah data kunjungan sebanyak 974 data yang kemudian dibagi menjadi data training dan data testing dengan komposisi data training 80% sebanyak 779 data dan data testing 20% sebanyak 195 data. Tahap ketiga yaitu penerapan metode Exponential Smoothing, data training akan diolah menggunakan 4 metode Exponential Smoothing yaitu Simple Exponential Smoothing, Linear Satu Parameter dari Brown, Holt’s Linear Smoothing dan Winters Multiplicative Smoothing. Masingmasing metode akan dihitung nilai MAPE untuk dicari yang terkecil dan diambil parameter α, β, γ dari metode yang memiliki nilai MAPE terkecil tersebut, dan digunakan untuk peramalan pada periode berikutnya. Tahap keempat yaitu perancangan sistem, pada penelitian ini menggunakan System Flowchart dan pseudocode. Tahap kelima yaitu implementasi sistem menggunakan bahasa pemrograman Java dengan tools NetBeans IDE 7.2. database yang digunakan adalah MySql dan menggunakan aplikasi berbasis dekstop. Tahap yang terahir yaitu evaluasi sistem, sistem ini di evaluasi dengan pengujian black box testing yang berfokus pada pengujian fungsionalitas dengan membandingkan antara input dan output sistem. Evaluasi juga menngunakan perbandingan nilai MAPE keempat metode dan juga di lihat keakuratan sistem dengan menghitung nilai MAPE. Hasil penelitian berupa aplikasi sistem pendukung keputusan untuk peramalan jumlah kunjungan pasien. Melalui uji coba menggunakan 195 data testing dengan menggunakan metode terpilih yaitu Holt’s Linear Smoothing diperoleh hasil MAPE sebesar 23,47%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI 36/16 Sar r
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
PUSPITA SARI, 081211631054UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEto Wuryanto, Drs., DEAUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 28 Apr 2017 01:37
Last Modified: 28 Apr 2017 01:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56970
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item