PENGARUH IMAGE EFFECT ATAS PENGGUNAAN AKHIRAN ANGKA GANJIL � GENAP PADA HARGA PRODUK CONVENIENCE TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN (Studi Eksperimen Pada Mahasiswa S-1 di Surabaya)

DANIEL IYAN DAVID, 040317990 (2011) PENGARUH IMAGE EFFECT ATAS PENGGUNAAN AKHIRAN ANGKA GANJIL � GENAP PADA HARGA PRODUK CONVENIENCE TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN (Studi Eksperimen Pada Mahasiswa S-1 di Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PENGARUH PENERAPAN STRATEGI HARGA PSIKOLOGI TERHADAP PERSEPSI KONSUMEN PADA PERUSAHAAN INDONESIA AIR ASIA - gdlhub-gdl-s1-2011-daviddanie-12390-pengaruh-p.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-daviddanie-12390-pengaruh-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini, konsumen selalu dihadapkan pada harga-harga yang tidak bulat. Harga-harga produk-produk yang ditawarkan selalu memiliki angka-angka akhir yang berbeda-beda. Angka-angka akhir pada setiap harga ini disebut sebagai price endings atau akhiran harga. Akhiran harga mengacu kepada satu angka atau lebih yang terdapat di sebelah kanan dari sebuah harga. Dalam dunia pasar ritel ada dua akhiran harga yang sangat sering dipakai oleh para pemasar yaitu odd price dan even price. Akhiran harga dipercaya dapat mempengaruhi konsumen dalam setiap pembelian. Akhiran harga dapat mempengaruhi konsumen dalam setiap pembelian, karena dalam kehidupan yang nyata mata uang yang digunakan merupakan mata uang yang bulat, sehingga konsumen akan melakukan proses pembacaan sebuah harga dengan membulatkan keatas atau kebawah terhadap harga yang memiliki angka akhiran. Dengan proses pembulatan inilah konsumen terkadang akan memandang rendah sebuah harga sehingga akan mengakibatkan penilaian langsung terhadap produk yang ditawarkan. Penilaian terhadap harga ini akan menciptakan berbagai macam kesan, dimana kesan yang dihasilkan dari proses pembulatan akhiran harga itu disebut sebagai image effect. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh yang terjadi dari dua macam akhiran harga, yaitu akhiran harga odd dan akhiran harga even terhadap image effect atau kesan yang ditimbulkan dari adanya akhiran harga dan terhadap niat pembelian pada masing-masing akhiran harga tersebut pada produk-produk convenience. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui eksperimen dengan menggunakan between subject untuk mengetahui image effect dan niat beli yang terjadi. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental dengan menitikberatkan pada uji hipotesis dengan memakai teknik analisis uji beda sampel independen pada dua pengujian hipotesis yang berbeda dengan menggunakan program SPSS 11.0. Selain itu teknik analisis regresi linear juga digunakan pada pengujian satu hipotesis yang juga menggunakan dengan program SPSS 11.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa odd price dan even price akan menciptakan pengaruh yang berbeda dalam menciptakan kesan pada produk yang ditawarkan. Selain itu, hasil analisis juga menunjukkan bahwa penggunaan odd price dan even price akan menciptakan niat beli yang berbeda. Hasil analisis juga menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari image effect yang ditimbulkan terhadap niat pembelian konsumen. Dengan adanya perbedaan yang tercipta akibat perbedaan akhiran harga dan adanya pengaruh dari kesan yang ditimbulkan maka semua hipotesis dalam penelitian ini diterima. Artinya perbedaan akhiran harga akan menciptakan perbedaan kesan yang ditimbulkan, di mana perbedaan kesan akan mempengaruhi niat beli konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 183/10 Dav p
Uncontrolled Keywords: MARKETING STRATEGY
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DANIEL IYAN DAVID, 040317990UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSRI WAHYUNI ASTUTI, Prof. Dr., S.E., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 17 Feb 2011 12:00
Last Modified: 06 Sep 2016 02:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/570
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item