RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENJADWALAN PERKULIAHAN DENGAN ALGORITMA GENETIKA (STUDI KASUS: FAKULTAS VOKASI UNIVERSITAS AIRLANGGA)

KUSUMANINGTYAS ADITYA PUTRI, 081211632010 (2016) RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENJADWALAN PERKULIAHAN DENGAN ALGORITMA GENETIKA (STUDI KASUS: FAKULTAS VOKASI UNIVERSITAS AIRLANGGA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.TI 47-16 Put r ABSTRAK.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.TI 47-16 Put r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penjadwalan perkuliahan merupakan kegiatan yang sangat penting untuk memastikan proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik, termasuk di Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Sebagai fakultas baru, sebagian program studi masih beroperasi di gedung fakultas penyelenggara awal sehingga penjadwalan perkuliahan dilakukan masing-masing untuk menyesuaikan kebijakan setiap fakultas. Sedangkan di gedung utama (eks gedung program Diploma III Fakultas Ekonomi dan Bisnis), bergabungnya D3 Teknisi Perpustakaan menyebabkan jadwal perkuliahan lama yang biasa digunakan sebagai acuan menjadi tidak valid. Jumlah mata kuliah, dosen, dan kelas mahasiswa bertambah sedangkan ruang dan waktu perkuliahan tetap. Selain itu, terdapat berbagai kendala lain yang harus diperhatikan, termasuk permintaan jadwal mengajar tertentu. Maka, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat menghasilkan jadwal perkuliahan hasil kombinasi optimal dari mata kuliah, ruang kuliah, dan waktu kuliah dengan memperhatikan kendala-kendala dalam penjadwalan perkuliahan dan permintaan jadwal mengajar menggunakan algoritma genetika. Penelitian dilakukan dalam lima tahap. Tahap pertama merupakan komunikasi untuk mengumpulkan data dan informasi terkait penjadwalan perkuliahan di Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Selanjutnya dilakukan perencanaan jadwal pelaksanaan penelitian untuk setiap tahap penelitian. Tahap ketiga adalah pemodelan yang terdiri atas analisis dan perancangan. Analisis yang dilakukan meliputi analisis algoritma genetika, prosedur penjadwalan perkuliahan, dan kebutuhan pengguna. Sedangkan perancangan dilakukan untuk menghasilkan model algoritma genetika, basis data, use case diagram, activity diagram, dan tampilan antarmuka. Tahap keempat adalah pembangunan serta pengujian sistem. Pada tahap terakhir, dilakukan penyerahan dan evaluasi sistem untuk mendapatkan feedback pengguna. Hasil evaluasi sistem menunjukkan bahwa jadwal perkuliahan hasil generate sistem belum cukup efektif dan optimal dibandingkan jadwal perkuliahan manual, dibuktikan dengan hanya satu dari tiga pasang jadwal perkuliahan yang memperoleh nilai fitness yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI 47/16 Put r
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Electronic digital computers -- Programming
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
KUSUMANINGTYAS ADITYA PUTRI, 081211632010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKartono, Drs., M.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 02 May 2017 20:29
Last Modified: 05 Jul 2017 15:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57021
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item