PERENCANAAN ARSITEKTUR BISNIS DAN SISTEM INFORMASI DI BAGIAN PRODUKSI DAN PENJUALAN MENGGUNAKAN TOGAF ADM (STUDI KASUS: CV. SURYA AGUNG ENTERPRISE GRESIK

SINTA EKA LESTARI, 081211631058 (2016) PERENCANAAN ARSITEKTUR BISNIS DAN SISTEM INFORMASI DI BAGIAN PRODUKSI DAN PENJUALAN MENGGUNAKAN TOGAF ADM (STUDI KASUS: CV. SURYA AGUNG ENTERPRISE GRESIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI 44-16 Les p ABSTRAK.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI 44-16 Les p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menghasilkan rencana arsitektur bisnis dan sistem informasi yang dapat digunakan pada bagian produksi dan penjualan CV. Surya Agung Enterprise Gresik menggunakan framework TOGAF ADM. Perencanaan arsitektur bisnis dan sistem informasi untuk proses-proses pada bagian produksi dan penjualan CV. Surya Agung Enterprise Gresik menggunakan TOGAF ADM melalui enam tahap. Tahap pertama adalah penentuan prinsip-prinsip yang digunakan sebagai tahap awal pengembangan arsitektur dan lingkup organisasi yang akan digunakan dalam perancangan arsitektur. Tahap kedua adalah visi arsitektur, dengan mengidentifikasi kondisi proses bisnis dan pengolahan data pada perusahaan saat ini. Tahap ketiga yaitu arsitektur bisnis, menghasilkan rekomendasi proses bisnis yang baru dengan memperbaiki proses bisnis yang saat ini dijalankan perusahaan. Tahap keempat arsitektur sistem informasi, menghasilkan arsitektur data dengan hasil 30 kandidat entitas data dan arsitektur aplikasi yang menghasilkan 5 kandidat aplikasi. Tahap kelima adalah peluang dan solusi yang terdiri dari analisis gap dari masing-masing arsitektur. Pada analisis gap arsitektur bisnis menghasilkan 26 proses bisnis yang di ganti menjadi terkomputerisasi, 2 proses yang ditambahkan, 1 proses yang dihilangkan, dan 47 proses bisnis yang tetap digunakan. Untuk analisis gap arsitektur data menghasilkan 14 entitas data yang diganti, 16 entitas data yang ditambahkan, dan 2 entitas data yang dihilangkan. Kemudian pada analisis gap arsitektur aplikasi menghasilkan 5 kandidat aplikasi yang akan ditambahkan. Tahap terakhir yaitu rencana implementasi, menghasilkan urutan prioritas implementasi proses bisnis dan implementasi aplikasi, serta faktor-faktor penentu keberhasilan implementasi di CV. Surya Agung Enterprise Gresik. Dengan adanya sistem yang saling terintegrasi maka pertukaran data dan informasi di bagian produksi dan penjualan menjadi real time, sehingga data dan informasi dapat diakses kapanpun ketika dibutuhkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI 44/16 Les p
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
SINTA EKA LESTARI, 081211631058UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTaufik, S.T., M.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 02 May 2017 22:01
Last Modified: 02 May 2017 22:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57025
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item