ADAPTASI DAN ANALISIS PENILAIAN PROSES PENENTUAN PRIORITAS KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK SECARA ONLINE UNTUK TEKNIK MOSCOW, 100$ DAN RANKING

MELINDA ANDRIYANTI, 081211632008 (2016) ADAPTASI DAN ANALISIS PENILAIAN PROSES PENENTUAN PRIORITAS KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK SECARA ONLINE UNTUK TEKNIK MOSCOW, 100$ DAN RANKING. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI 45-16 And a ABSTRAK.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI 45-16 And a SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Proses penentuan prioritas kebutuhan menjadi hal yang sulit dilakukan ketika semua pemangku kepentingan terdistribusi dan tidak dapat berkolaborasi pada tempat dan waktu yang sama. Penentuan prioritas kebutuhan secara online (online prioritization) dapat menjadi solusi bagi permasalahan pemangku kepentingan yang tersdistribusi. Beberapa teknik prioritas kebutuhan telah banyak digunakan untuk memudahkan pemangku kepentingan dalam memprioritaskan kebutuhan perangkat lunak. Penelitian ini mengusulkan tiga skema prioritas kebutuhan yang masing-masing mengadaptasi teknik prioritas MoSCoW, 100$ dan Ranking. Analisis dilakukan terhadap skema prioritas yang diusulkan dengan menggunakan faktor penilaian komunikasi, komitmen, kepercayaan, akurasi dan kemudahan penggunaan. Tahapan metodologi penelitian meliputi identifikasi teknik prioritas, membuat perangkat pendukung penelitian, simulasi online prioritization, serta evaluasi dan analisis hasil. Identifikasi teknik dilakukan untuk membuat skema prioritas yang diusulkan. Setelah diperoleh skema masing-masing teknik, tahap selanjutnya adalah membuat sebuah perangkat yang memfasilitasi penerapan setiap skema prioritas pada online prioritization. Simulasi online prioritization dilakukan untuk menguji skema prioritas yang diusulkan. Selanjutnya evaluasi dan analisis dilakukan untuk menilai jalannya proses simulasi dan penerapan skema prioritas. Proses simulasi online prioritization melibatkan 20 orang partisipan dan 19 kebutuhan dari studi kasus sistem monitoring skripsi. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa semua teknik memiliki penilaian yang baik terhadap setiap faktor penilaian. Pada faktor komitmen dan komunikasi, teknik MoSCoW lebih baik dibandingkan dengan teknik yang lain, sedangkan pada faktor kemudahan, penggunaan teknik Ranking lebih mudah diterapkan dalam online prioritization dan pada faktor penilaian kepercayaan dan akurasi, ketiga teknik mendapatkan penilaian yang sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI 45/16 And a
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Electronic digital computers -- Programming
Q Science > QA Mathematics > QA76.9.S88 System analysis and System design
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
MELINDA ANDRIYANTI, 081211632008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIndra Kharisma Raharjana, S.Kom., M.T.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 02 May 2017 22:17
Last Modified: 02 May 2017 22:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57026
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item