RANCANG BANGUN DATA WAREHOUSE DENGAN METODE NINE STEP KIMBALL DAN OLAP UNTUK KEBUTUHAN LAPORAN DINAMIS (STUDI KASUS : RS UMUM HAJI SURABAYA)

DEVAN ASTIKO BAKTIYAR, 081211633003 (2016) RANCANG BANGUN DATA WAREHOUSE DENGAN METODE NINE STEP KIMBALL DAN OLAP UNTUK KEBUTUHAN LAPORAN DINAMIS (STUDI KASUS : RS UMUM HAJI SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI 43-16 Bat r ABSTRAK.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI 43-16 Bat r SKRIPSI.compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelayanan medis pada Rumah Sakit Umum (RSU) Haji Surabaya dibantu dengan sistem terkomputerisasi yaitu Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Umum (SIM RSU). Masalah pertama pelaporan yang dibuat oleh SIM RSU masih bersifat statis. Masalah kedua adanya kebijakan bagian instalasi SIM RSU yang menerapkan akses aplikasi pembuatan laporan pada saat frekuensi pencatatan transaksi sedang rendah. Dari permasalahan tersebut diangkatlah solusi untuk pembangunan data warehouse dan On-Line Analytical Processing (OLAP) yang berguna untuk pembuatan laporan dinamis. Dengan menggunakan metode nine-step Kimball untuk desain perancangan data warehouse dan OLAP yang berbasis web. Langkah-langkah dalam pembangunan data warehouse dan OLAP menggunakan metode waterfall mulai dari requirement analisis yang dipecah menjadi 3 tahap yaitu analisis sistem, analisis data, dan user requirement untuk mengetahui situasi sistem saat ini sampai kebutuhan tiap aktor yang terkait. Langkah kedua adalah tahap desain yang meliputi desain data warehouse dan desain OLAP. Dengan menggunakan metode nine step Kimball desain data warehouse dapat dibuat. Desain OLAP dibuat berdasarkan dari user requirement ditahap analisis. Langkah berikutnya dilakukan tahap implementasi yang dipecah menjadi 4 kegiatan yaitu implementasi database datawarehouse pada sistem, implementasi transfer data, implementasi OLAP, deskripsi akhir sistem. Setelah tahap implementasi dilakukan evaluasi, di tahap evaluasi dilakukan 3 kegiatan yang pertama pengujian black box testing yang kedua pengujian output laporan pada sistem dengan laporan yang dibutuhkan dan yang terakhir adalah feedback dari aktor yang terlibat langsung pada sistem OLAP. Langkah terakhir adalah tahap deploy atau penyerahan sistem pada pihak RSU Haji Surabaya. Hasil akhir dari penelitian ini berupa program simulasi untuk pemanfaatan data warehouse dan penggunaan OLAP sebagai penerapan dari laporan dinamis yang seharusnya dibutuhkan RSU Haji Surabaya sebagai solusi dari permasalahan yang dimiliki. Program simulasi tersebut diuji coba dengan membandingkan format laporan yang sudah ada dan hasil dari simulasi program data warehouse dan OLAP mampu untuk membuat format laporan yang sama dengan format laporan yang ada saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI 43/16 Bat r
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Electronic digital computers -- Programming
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
DEVAN ASTIKO BAKTIYAR, 081211633003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTaufik, S.T., M.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 02 May 2017 22:31
Last Modified: 05 Jul 2017 16:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57027
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item