PERENCANAAN ARSITEKTUR ENTERPRISE PADA BAGIAN PRODUKSI DENGAN KERANGKA KERJA ZACHMAN (STUDI KASUS PT. INDOSENTRA SURYA PERKASA SIDOARJO)

NI MADE AYU KARINA WIRASWARI, 081211633020 (2016) PERENCANAAN ARSITEKTUR ENTERPRISE PADA BAGIAN PRODUKSI DENGAN KERANGKA KERJA ZACHMAN (STUDI KASUS PT. INDOSENTRA SURYA PERKASA SIDOARJO). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.SI 46-16 Wir p ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
57028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menghasilkan rencana arsitektur enterprise yang dapat digunakan pada bagian produksi PT. Indosentra Surya Perkasa Sidoarjo dengan kerangka kerja Zachman. Perencanaan arsitektur enterprise untuk proses-proses pada bagian produksi PT. Indosentra Surya Perkasa mempunyai empat tahap. Tahap pertama adalah insiasi perencanaan dengan hasil kerangka kerja pengerjaan perencanaan arsitektur enterprise dan keterangan komitmen dari pihak perusahaan. Tahap kedua adalah identifikasi kondisi enterprise saat ini yang terdiri dari dua bagian, yaitu pemodelan bisnis dan identifikasi sistem dan teknologi saat ini. Dalam bagian pemodelan bisnis dilakukan identifikasi proses bisnis yang saat ini sedang digunakan perusahaan. Bagian identifikasi sistem dan teknologi saat ini menghasilkan katalog sumber daya informasi yang berisi teknologi yang digunakan perusahaan saat ini. Tahapan ketiga adalah perencanaan arsitektur yang dibagi menjadi empat bagian, yaitu arsitektur bisnis, data, aplikasi, dan teknologi. Arsitektur bisnis merancang proses bisnis baru dengan memperbaiki proses bisnis yang saat ini diterapkan perusahaan. Bagian arsitektur data menghasilkan 20 kandidat entitas data. Bagian arsitektur aplikasi menghasilkan 4 kandidat aplikasi dengan 12 fitur aplikasi. Arsitektur teknologi menghasilkan usulan jaringan komputer dan usulan pengadaan tekologi untuk mendukung jaringan komputer. Tahapan keempat adalah rencana implementasi yang terdiri dari anlisis gap dari masing-masing arsitektur, usulan prioritas pengembangan aplikasi, dan jadwal implementasi. Analisis gap menghasilkan nilai persentase gap dari kondisi perusahaan saat ini dengan usulan perencanaan arsitektur enterprise. Urulan prioritas pengembangan aplikasi menghasilkan urutan pengembangan aplikasi. Jadwal implementasi menghasilkan jadwal pengimplementasian usulan perencanaan arsitektur yang disesuaikan dengan urutan prioritas pengembangan aplikasi. Dalam penelitian ini diperoleh 25 aktivitas pada proses bisnis yang diperbaiki, rancangan basis data, 4 kandidat aplikasi, dan jaringan komputer untuk mendukung sistem terkomputerisasi dan terintegrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI 46/16 Wir p
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Electronic digital computers -- Programming
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Creators:
CreatorsEmail
NI MADE AYU KARINA WIRASWARI, 081211633020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndah Purwanti, S.Si., M.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 02 May 2017 22:57
Last Modified: 05 Jul 2017 16:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57028
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item