PENENTUAN DAYA JERAP ZEOLIT ALAM MALANG-1 DAN ZEOLIT ALAM MALANG-2 YANG DIAKTIVASI DENGAN CARA PEMANASAN DAN CARA KIMIA (ASAM) TERHADAP Kuinin HCl dan Biru Metilena

Priadi Satriotomo, 059311513 (2002) PENENTUAN DAYA JERAP ZEOLIT ALAM MALANG-1 DAN ZEOLIT ALAM MALANG-2 YANG DIAKTIVASI DENGAN CARA PEMANASAN DAN CARA KIMIA (ASAM) TERHADAP Kuinin HCl dan Biru Metilena. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FF 09 03 Sat p.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Zeolit alam adalah mineral senyawa luminosilikat yang mempunyai struktur berongga dan biasanya rongga tersebut diisi oleh air dan kation yang bisa dipertukarkan dan memiliki ukuran pori yang tertentu (2-8 A). Pada percobaan ini telah dilakukan penelitian mengenai penentuan daya jerap zeolit alam Malang-1 dan zeolit alam Malang-2 yang diaktivasi dengan cara pemanasan terhadap kuinin HCl dan biru metilena, dimana kedua jenis tersebut akan dibandingkan dengan attapulgit. Hasil identifikasi menunjukkan bahwa kandungan zeolit alam Malang-1 dan zeolit alam Malang-2 adalah mordenit. Hasil perhitungan statistik dengan menggunakan ANOVA factorial, menunjukkan bahwa daya jerap rata-rata zeolit alam Malang-1 tidak berbeda bermakna dengan daya jerap rata-rata attapulgit, terhadap kuinin HCl dan biru metilena, sedangkan daya jerap zeolit alam Malang-2 berbeda bermakna dengan daya jerap rata-rata attapulgit terhadap kuinin HCl dan biru metilena. daya jerap zeolit alam Malang-1 dan zeolit alam Malang-2 yang diaktivasi dengan cara pemanasan tidka berbeda bermakna dengan yang diaktivasi dengan cara asam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK FF 09 03 Sat p FILE FULLTEXT TIDAK ADA
Uncontrolled Keywords: ZEOLITES
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD1-999 Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71-142 Analytical chemistry
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsEmail
Priadi Satriotomo, 059311513UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMoegihardjo, Drs.,Apt.UNSPECIFIED
ContributorRobby Sondakh, Drs.,Apt.,MSUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 30 May 2017 17:28
Last Modified: 30 May 2017 17:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57147
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item