PENGARUH PENGGUNAAN ISOPROPANOL DENGAN KONSENTRASI YANG BERBEDA TERHADAP NILAI RENDEMEN KARAGINAN YANG DIEKSTRAKSI DARI RUMPUT LAUT Halymenia durvillei

YUYUN MAGHFIROH, 141211132029 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN ISOPROPANOL DENGAN KONSENTRASI YANG BERBEDA TERHADAP NILAI RENDEMEN KARAGINAN YANG DIEKSTRAKSI DARI RUMPUT LAUT Halymenia durvillei. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PK BP 113-16 Mag p-Abstrak.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
PK BP 113-16 Mag p.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemanfaatan rumput laut yang bernilai ekonomis tinggi adalah karaginan. Halymenia merupakan salah satu rumput laut merah yang dapat menghasilkan karaginan. Presipitasi merupakan tahapan dalam ekstraksi yang dapat berfungsi untuk mengambil serat-serat karaginan dari rumput laut dengan pelarut. Salah satu bahan yang dapat digunakan untuk tahap presipitasi karaginan adalah isopropanol. Dalam industri konsentrasi isopropanol menjadi aspek penting karena berkaitan dengan biaya produksi dan jumlah karaginan yang dihasilkan oleh industri. Konsentrasi dari bahan presipitasi tersebut belum diketahui jelas mana yang paling efektif dalam menghasilkan karaginan terbaik dari rumput laut H. durvillei. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan konsentrasi isopropanol terhadap nilai rendemen karaginan dari rumput laut H. durvillei. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) sebagai rancangan percobaan. Perlakuan yang digunakan adalah konsentrasi isopropanol yang berbeda, yaitu P1 (1:0), P2 (1:1), P3 (1:2), P4 (1:3) dan P5 (1:4) masing-masing perlakuan diulang 4 kali. Parameter utama yang diamati adalah rendemen karaginan. Parameter pendukung yang diamati adalah kadar air, kadar abu, viskositas, gel strength karaginan dan spektrofotometri FTIR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan isopropanol dengan konsentrasi yang berbeda berpengaruh terhadap nilai rendemen karaginan yang diekstraksi dari rumput laut H. durvillei. Konsentrasi isopropanol yang dapat menghasilkan karaginan dengan nilai rendemen tertinggi adalah 1:2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 113-16 Mag p
Uncontrolled Keywords: Yield Value, Carrageenan, seaweed Halymenia durvillei
Subjects: S Agriculture
S Agriculture > SB Plant culture > SB610-615 Weeds, parasitic plants, etc.
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
YUYUN MAGHFIROH, 141211132029UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Subekti, Prof. Dr., drh., DEA.UNSPECIFIED
ContributorRahayu Kusdarwati, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 07 May 2017 17:41
Last Modified: 07 May 2017 17:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57170
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item