PENGARUH PEMBERIAN CRUDE FISH OIL (CFO) PADA PAKAN TERHADAP KANDUNGAN EPA DAN DHA KEPITING BAKAU (Scylla serrata)

TOMI WIJAYA, 141211132005 (2016) PENGARUH PEMBERIAN CRUDE FISH OIL (CFO) PADA PAKAN TERHADAP KANDUNGAN EPA DAN DHA KEPITING BAKAU (Scylla serrata). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PK.BP 69-16 Wij p ABSTRAK.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK.BP 69-16 Wij p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kepiting bakau merupakan salah satu komoditi perikanan yang bernilai ekonomis tinggi dan minat konsumsi masyarakat dalam negeri ataupun mancanegara terhadap kepiting ini terus meningkat (Susanto, 2012). Salah satu nutrisi yang terkandung dalam kepiting bakau ialah asam lemak Omega 3 EPA dan DHA. Kepiting tidak dapat mensintesis asam lemak essensial pada tubuhnya, sehingga dibutuhkan suplai asam lemak Omega-3 dari pakan yang dikonsumsi. Asam lemak tersebut sangat penting dalam menunjang fungsi fisiologis invertebrata. Salah satu sumber asam lemak tak jenuh Omega 3 ialah Crude Fish Oil. Crude Fish Oil merupakan sumber asam lemak esensial yang banyak mengandung EPA dan DHA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian CFO pada pakan ikan rucah terhadap kandungan Omega 3 kepiting bakau (Scylla serrata). Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima perlakuan dan empat ulangan. Pada penelitian ini jumlah dosis CFO yang ditambahkan dalam pakan ikan rucah adalah: perlakuan P0 (0%), P1 (2%), P2 (4%), P3 (6%) dan P4 (8%). Parameter yang diamati pada penelitian ini adalah EPA dan DHA daging kepiting bakau. Analisis data menggunakan Analisis Varian (ANOVA) dan dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan CFO pada pakan memberikan pengaruh yang berbeda nyata (P<0,05) terhadap kandungan Omega 3 (EPA dan DHA) kepiting bakau. Kandungan EPA dan DHA daging kepiting bakau pada penelitian ini sudah menunjukan hasil kenaikan pada saat pemberian dosis terkecil perlakuan P1 sebesar 2% Crude Fish Oil. Kandungan EPA dan DHA pada daging kepiting bakau ini tidak meningkat seiring dengan penambahan dosis Crude Fish Oil pada pakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP 69/16 Wij p
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
TOMI WIJAYA, 141211132005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 07 May 2017 23:43
Last Modified: 07 May 2017 23:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57218
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item