PENGARUH PEMBERIAN LISIN PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN DAN RETENSI PROTEIN IKAN GURAMI (Osphronemus gouramy)

FAURINA OKTAVIANDARI, 141211132051 (2016) PENGARUH PEMBERIAN LISIN PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN DAN RETENSI PROTEIN IKAN GURAMI (Osphronemus gouramy). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PK BP 121 -16 Okt p-Abstrak.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
PK BP 121 -16 Okt p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan gurami merupakan ikan air tawar yang banyak dibudidayakan karena mempunyai nilai ekonomi tinggi. Rasa daging yang enak, pemeliharaan mudah dan harga jual ikan gurami cukup stabil. Pertumbuhan ikan gurami tergolong lambat. Ikan membutuhkan asam amino untuk pembentukan protein baru dalam proses pertumbuhannya. Asam amino esensial adalah asam amino yang tidak dapat disintesis oleh ikan untuk memicu pertumbuhan. Lisin adalah salah satu asam amino esensial yang dibutuhkan oleh ikan gurami untuk pertumbuhan. Laju pertumbuhan dan retensi protein saling berkaitan. Apabila retensi protein meningkat maka laju pertumbuhan ikan juga meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemberian lisin pada pakan komersial dapat meningkatkan laju pertumbuhan dan retensi protein ikan gurami. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima perlakuan dan empat ulangan. Dosis lisin yang ditambahkan dalam pakan komersial pada penelitian adalah: P0 (0%), P1 (1%), P2 (1,5%), P3 (2%) dan P4 (2,5%). Parameter yang diamati laju pertumbuhan dan retensi protein ikan gurami. Analisis data menggunakan Analisis Varian (ANOVA) dan dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan penambahan lisin pada pakan komersial selama 34 hari pemeliharaan memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata (p>0,05) terhadap laju pertumbuhan ikan gurami, memberikan pengaruh yang berbeda nyata (p<0,05) terhadap laju pertumbuhan spesifik dan retensi protein ikan gurami. Semakin tinggi pemberian dosis lisin pada pakan komersial, semakin tinggi laju pertumbuhan dan retensi protein ikan gurami. Perlakuan tertinggi laju pertumbuhan, laju pertumbuhan spesifik dan retensi protein adalah P3 sebesar masing-masing 0,13gram/hari, 0,92% dan 85,55 % dengan pemberian dosis lisin 2%. Pada perlakuan p4 pemberian dosis lisin sebesar 2,5% terjadi penurunan laju pertumbuhan, laju pertumbuhan spesifik dan retensi protein sebear masing-masing 0,12gram/ hari, 0,89%/hari, 62,67% . Hal ini dapat disebabkan kemungkinan adanya ketidak seimbangan asam amino di dalam tubuh ikan gurami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 121-16 Okt p
Uncontrolled Keywords: Lysine, Feed, Gouramy (Osphronemus gouramy).
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
FAURINA OKTAVIANDARI, 141211132051UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorM. Anam Al Arif, Dr., drh., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 08 May 2017 16:59
Last Modified: 08 May 2017 16:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57229
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item