IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI CACING ENDOPARASIT PADA KEPITING BAKAU (Scylla serrata) HASIL TANGKAPAN DI PESISIR KENJERAN SURABAYA

DIO GANANG ADHI HANINTYO, 141011127 (2016) IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI CACING ENDOPARASIT PADA KEPITING BAKAU (Scylla serrata) HASIL TANGKAPAN DI PESISIR KENJERAN SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PK.BP 96-16 Han i ABSTRAK.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK.BP 96-16 Han i SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Budidaya kepiting bakau (Scylla serrata) di Indonesia merupakan usaha perikanan yang prospeknya baik sehingga menjadi komoditas perikanan yang bernilai ekonomis penting. Selain budidaya, kepiting bakau juga ditangkap untuk kebutuhan konsumsi yaitu kepiting dewasa. Jumlah penangkapan kepiting di Surabaya mencapai 192,23 ton pada tahun 2011. Perairan Kenjeran merupakan perairan yang banyak terdapat limbah sehingga dapat mencemari lingkungan Limbah tersebut terdiri dari bahan organik dan anorganik sehingga dapat menurunkan kualitas air dan dapat menimbulkan penyakit karena hasil interaksi tidak seimbang antara lingkungan, inang dan patogen. Salah satu jenis patogen yang sering menyerang kepiting bakau adalah parasit. Tujuan penelitian ini adalah untuk identifikasi dan menghitung prevalensi endoparasit pada Kepiting Bakau (Scylla serrata) hasil tangkapan di pesisir Kenjeran, Surabaya. Pemeriksaan parasit dilakukan di Laboratorium Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga Surabaya dan Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode survey. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dan data dianalisis secara deskriptif dalam bentuk tabel dan gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa endoparasit yang ditemukan adalah Ascarophis sp dengan nilai prevalensi 2,22%. termasuk dalam kategori infestasi kadang-kadang. Pengukuran kualitas air menunjukkan suhu laut berkisar 22- 25oC, pH 7-8, dan oksigen terlarut 4-6 mg/l. Kesimpulan pada penelitian ini adalah cacing endoparasit yang ditemukan di kepiting bakau (Scylla serrata) dari Pesisir Kenjeran adalah Ascarophis sp. ditemukan didalam organ jantung Scylla serrata. Dan nilai prevalensi jenis Endoparasit yang menginfeksi kepiting bakau (Scylla serrata) di Pesisir Kenjeran Surabaya adalah 2,22% sehingga termasuk dalam katagori ocasionally.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP 96/16 Han i
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture > SB610-615 Weeds, parasitic plants, etc.
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
DIO GANANG ADHI HANINTYO, 141011127UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGunanti Mahasri, Dr., Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 08 May 2017 18:17
Last Modified: 08 May 2017 18:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57233
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item