PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP RESPON KONSUMEN DENGAN EMOSI KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA RANCH MARKET GALAXY MALL

VIO INDRA MANDALA, 041012277 (2015) PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP RESPON KONSUMEN DENGAN EMOSI KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA RANCH MARKET GALAXY MALL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-mandalavio-39014-5.abstr-k.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fulltext5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin sengit, setiap pengusaha retail dituntut untuk kreatif dan adaptif untuk menarik konsumen baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Salah satu perusahaan yang adaptif dalam menghadapi kondisi demikian adalah Ranch Market yang menitikberatkan pada penciptaan store atmosphere pada tokonya. Dengan penciptaan store atmosphere yang dirancang sedemikan rupa, diharapkan dapat menimbulkan emosi dan perasaan positif konsumen didalam toko Ranch Market Galaxy Mall. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh stimulus dari store atmosphere berupa design factors, ambient factors, dan social factors terhadap emotional state konsumen di toko Ranch Market Galaxy Mall dan untuk menguji dan menganalisis pengaruh emotional state terhadap respon konsumen yang berupa perasaan betah dan pembelian impulsif selama berada di dalam toko Ranch Market Galaxy Mall. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 200 sampel dengan kriteria tertentu. Sedangkan untuk penarikan sampel, digunakan accidental sampling, dimana pengambilan sampel dilakukan dengan tanpa direncanakan terlebih dahulu. Mengingat adanya hubungan yang simultan antara store atmosphere, emotional state konsumen dan respons konsumen maka teknik analisis yang digunakan adalah SEM menggunakan software Smart PLS. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan hasil : a) bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara store atmosphere (design factor, ambient factor, dan social factor) terhadap emotional state konsumen di toko Ranch Market Galaxy Mall. b) terdapat pengaruh yang signifikan variabel emotional state terhadap respons konsumen yang berupa perasaan betah di dalam toko dan pembelian impulsif selama berada di dalam toko Ranch Market Galaxy Mall.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 357/15 Man p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.8 Psychology, Industrial
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
VIO INDRA MANDALA, 041012277UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorGancar C Premananto, Dr. SE., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 19 Nov 2015 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 20:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5728
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item