PENGARUH SALINITAS MEDIA PEMELIHARAAN TERHADAP TINGKAT KEJADIAN KELAINAN PADA BENIH IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

MERINA ALFA FIRLANA, 060810323P (2014) PENGARUH SALINITAS MEDIA PEMELIHARAAN TERHADAP TINGKAT KEJADIAN KELAINAN PADA BENIH IKAN NILA (Oreochromis niloticus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PK.BP 103-16 Fir p ABSTRAK.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
57281.compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pembenihan ikan nila (Oreochromis niloticus) sejauh ini masih berada di perairan tawar, sehingga pada proses pembudidayaan pada salinitas yang tinggi sering mengalami kematian karena adanya perubahan salinitas secara mendadak. Metode alternatif yang dapat dilakukan untuk menanggulangi kematian benih ikan nila yang akan dibudidayakan di salinitas tinggi adalah dengan cara melakukan kegiatan pembenihan pada salinitas yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui batas maksimal pembenihan ikan nila O. niloticus pada media bersalinitas tinggi dengan melihat kejadian kelainan terendah. Metode penelitian adalah eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) sebagai rancangan percobaan. Perlakuan yang digunakan adalah dosis salinitas yang berbeda yaitu A (0 ppt/kontrol), B (5 ppt), C (10 ppt), D (15 ppt), E (20 ppt) masing-masing perlakuan diulang empat kali. Parameter utama yang diamati adalah rata-rata kejadian kelainan benih ikan nila (%). Parameter penunjang meliputi rata-rata daya tetas telur (%), rata-rata tingkat kelulushidupan benih (%), DO (mg/l), pH, suhu (Co). Analisis data menggunakan analisis Kruskal Wallis dan dilanjutkan dengan uji Mann-whitney untuk mengetahui perbedaan antar perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan salinitas berbeda pada media inkubasi dan pemeliharaan memberikan pengaruh yang tidak nyata (P > 0,05) terhadap kejadian kelainan benih ikan nila. Salinitas maksimal untuk kejadian kelainan terendah terdapat pada salinitas 10 ppt dengan rata-rata kejadian kelainan sebesar 32,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP 103/16 Fir p
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture > SH151-179 Fish culture
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsEmail
MERINA ALFA FIRLANA, 060810323PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLaksmi Sulmartiwi, Dr., S.Pi., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 08 May 2017 23:32
Last Modified: 05 Jul 2017 18:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57281
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item