EVALUASI DAN RANCANGAN PERBAIKAN JUMLAH CHANNEL SISTEM ANTRIAN PADA UNIT RAWAT JALAN POLI BEDAH UMUM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.SOETOMO SURABAYA PERIODE 2015-2016

FARYCHA TYAN ANGGREINI, 041311223068 (2015) EVALUASI DAN RANCANGAN PERBAIKAN JUMLAH CHANNEL SISTEM ANTRIAN PADA UNIT RAWAT JALAN POLI BEDAH UMUM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.SOETOMO SURABAYA PERIODE 2015-2016. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-anggreinif-39019-5.abstr-k.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fulltext5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Antrian merupakan sebuah kejadian yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Antrian biasanya terjadi karena adanya ketidakseimbangan sementara antara permintaan pelayanan dengan kapasitas sistem yang menyediakan fasilitas pelayanan, sehingga perusahaan diharapkan dapat menentukan jumlah fasilitas pelayanan yang optimal dengan mencapai keseimbangan antara biaya pelayanan dengan biaya yang disebabkan oleh adanya waktu menunggu. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk menganalisis penyebab terjadinya masalah anrian yang ada pada Poli Bedah Umum, menganalisis penyebab terjadinya masalah antrian pada pelayanan dokter di Poli Bedah Umum, dan mengevaluasi sistem antrian untuk mengatasi masalah antrian pada pelayanan dokter di Poli Bedah Umum RSUD Dr.Soetomo Surabaya. Uji distribusi data dilakukan dengan menggunakan sofware SPSS 22 dan pengolahan data menggunakan teori antrian dengan bantuan software POM-QM for Windows 3. Model antrian yang digunakan saat ini memiliki pola antrian dengan fasilitas pelayanan ganda dengan satu tahap (Singlephase, Multhi-channel) dengan menggunakan disiplin antrian First Come First Serve (FCFS). Pola kedatangan pasien berdistribusi Poisson dengan rata-rata tingkat kedatangan pasien (λ) adalah sebesar 22,66 orang /jam. Rata-rata waktu pelayanan adalah 21,8 menit. Rata-rata tingkat pelayanan (μ) adalah sebesar 2,752 pasien/jam. Hasil kinerja sistem antrian pada Poli Bedah Umum RSUD Dr.Soetomo Surabaya menunjukkan utilitas setiap server (dokter yang melayani) sebesar 1,02 >1 atau sebesar 102% yang tidak memenuhi kondisi steady state. Masalah kinerja sistem antrian terletak pada tingginya tingkat kedatangan pasien melampaui kapasitas dari pelayanan dokter, sulitnya menemukan data rekam medis pasien. Selain itu disebabkan karena kurangnya jumlah fasilitas dokter yang melayani, sehingga mengakibatkan pasien lebih lama menunggu dalam antrian untuk mendapatkan pemerikasaan dokter. Usulan perbaikan dengan merencanakan merubah jumlah server, dengan menambahkan dua fasilitas dokter baru yang menghasilkan tingkat kesibukan dokter dan jumlah pasien yang mengantri dalam sistem mengalami penurunan. Setelah dilakukan perhitungan total biaya, menggunakan sepuluh pelayanan dokter menghasilkan total biaya yang lebih rendah dibandingkan menggunakan delapan pelayanan dokter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 359/15 Ang e
Uncontrolled Keywords: HOSPITALS - ADMINISTRATION
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FARYCHA TYAN ANGGREINI, 041311223068UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHermawanto, Drs. M.Sc., MBAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 19 Nov 2015 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 20:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5730
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item