PERANCANGAN ALAT UKUR KECEPATAN BENDA DENGAN MENGGUNAKAN GELOMBANG ULTRASONIK

SLAMET HARIADI, 088710507 (1995) PERANCANGAN ALAT UKUR KECEPATAN BENDA DENGAN MENGGUNAKAN GELOMBANG ULTRASONIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK MPF 489-95 HAR P.pdf

Download (342kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengukuran kecepatan benda b8rgerak sangat penting. Ada beberapa cara untuk pengukuran kecepatan antara lain mengukur jarak lintasan dan waktu yang dibutuhkan untuk melintasi lintasan, dengan menggunakan percobaan Efek Doppler.Cara pengukuran tersebut mempunyai kelemah2n yaitu bila lintasan tidak ditentukan kecepatan benda tidak dapat ditentukan, dan apabila benda tidak dipasang tranduser pemancar/penerima r:.ecepatan benda tidak dapat di eentukan. Untuk mengatasi kendala tersebut dirancang alat ukur kecepatan benda dengan menggunakan gelombang ultrasonik. cacahan yang ditampilkan adalah perubahan periode c~d~.ibclt ,'d<lnya gerakc.1n benda yang diukur kecepatannya. Dengclll H2ngka 1 i br·asi alat ukur kecepa tan yai tu dengan mengatur r-eset cacahan dan masukan clock pencaeah maka talllp.i 1an caea han mellunj uk I~an kec:epa tan benda yang diukur. Sehingga alat ukur keeepatan yang dibuat mudah dipergunakan untuk pengukuran dan dapat mengatasi kendala alat ukur kecepatan yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPF 489/95 Har p
Subjects: Q Science > QC Physics > QC1-999 Physics
Q Science > QC Physics > QC170-197 Atomic physics Constitution and properties of matter Including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika
Creators:
CreatorsEmail
SLAMET HARIADI, 088710507UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantMUZAKKI, DrsUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 09 May 2017 02:52
Last Modified: 09 May 2017 02:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57303
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item