Efek Kombinasi Pemberian Jus Tomat (Lycopersicum Commune) dan Latihan Fisik Terhadap peningkatan Jumlah Ekspresi Erβ di Otak Tikus (Rattus Novergicus)

Laswati P, Hening and Andriana, R.A Meisy and Subadi, Imam (2014) Efek Kombinasi Pemberian Jus Tomat (Lycopersicum Commune) dan Latihan Fisik Terhadap peningkatan Jumlah Ekspresi Erβ di Otak Tikus (Rattus Novergicus). Project Report. Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Ringkasan)
karil24.Efek_kombinasi(Rattus)-.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Efek Kombinasi Pemberian Jus Tomat - Ekspresi-with-numbers(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Peerreview)
peerreview24.Efek_kombinasi(Rattus).pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang: Jumlah perempuan menunjukkan peningkatan dan salah hidup dalam usia menopause di Indonesia gejala klinis masa menopause yang dapat menurunkan kualitas hidup adalah penurunan fungsi kognitif dimana gejala ini akan lebih meningkat dengan bertambahnya usia. Pada usia lanjut terjadi penurunan ekspresi ER beta pada area korteks prefrontal yang berperan untuk fungsi kognitif. Studi epidemiologis dan studi in vitro dan in vivo telah membuktikan peran estrogen dan fitoestrogen sebagai neuroprotektif. Telah dibuktikan bahwa buah tomat juga mengandung fitoestrogen.Studi sebelumnya telah membuktikan bahwa efek estrogenik kombinasi fitoestogen dan latihan fisik lebih tinggi daripada hanya pemberian fitoestrogen atau hanya latihan fisik. Belum pernah dilaporkan efek konsumsi buah tomat dan latihan fisik terhadap ekspresi ERB di otak yang berpengaruh terhadap fungsi kognitif Tujuan: Mengetahui efek kombinasi pemberian jus tomat dan latihan fisik terhadap ekspresi ERBeta pada area somatosensorik di girus post centralis korteks serebri tikus model menopause. Metode: 28 tikus Rattus Novergicus betina model menopause, sehat, umur 8-10 minggu dengan berat badan l50 +- 10 gram dengan rancangan penelitian post test only control group design dikelompokkan secara random menjadi 4 kelompok yaitu kelompok kontrol (I) hanya mendapat aquades 2cc/hari per sonde, kelompok pemberian jus tomat (II) 22Omg/kgBB/hari dilarutkan dalam aqua 2cc per sonde, kelompok latihan fisik (III) (berenang) tanpa beban selama 3 minggu 3 kali/minggu , kelompok kombinasi pemberian jus tomat dan latihan fisik (IV). Perlakuan diberikan selama 4 minggu. Pengamatan variabel ER Beta otak dengan pemeriksaan imunohistokimia menggunakan antibodi monoklonal ER Beta Analisis statistik menggunakan uji anova satu arah dan uji post hoc untuk mengetahui perbedaan antar kelompok. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan berat badan tikus putih Rattus novergicus pasca ovarektomi dalam penelitian ini antara 133-170 gram dengan rerata berat badan 154,32+9,72 gram.Rerata ekspresi ER beta terbesar terdapat pada kelompok kombinasi (18,71 +- 1,380), diikuti kelompok pemberian jus tomat (12,86 +- 2,193) kelompok latihan fisik (8,14+1,345) dan kelompok kontrol (5,29+1,113) paling kecil ekspresinya. Dari uji One-way ANOVA diketahui bahwa level signifikansi p:0,000, menunjukkan ada perbedaan minimal satu pasang kelompok perlakuan terhadap kelompok kontrol. Uji Post Hoc metode LSD menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan (p<0,05) rerata ekspresi ERp antar semua kelompok perlakuan. Kesimpulan: Pemberian jus tomat dan intervensi latihan fisik pada tikus model menopause meningkatkan ekspresi ER beta sel neuron korteks serebri girus posl centralis dan kelompok kombinasi pemberian jus tomat dan latihan fisik menunjukkan ekspresi ERB yang paling tinggi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Lycopersicum commune, exercise, neuron, menopause
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Fisik & Rehab
Creators:
CreatorsNIM
Laswati P, Heninglputra04@yahoo.com
Andriana, R.A MeisyUNSPECIFIED
Subadi, ImamUNSPECIFIED
Depositing User: Bayu Yulianti
Date Deposited: 11 May 2017 16:38
Last Modified: 06 Aug 2017 20:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57331
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item