STUDI PENGGUNAAN METODE POTENSIOMETRI UNTUK PENETAPAN KADAR CAMPURAN ION KLORIDA DAN NON IONIDA SECARA TITRASA ARSENTOMETRI

ELFI ZAQIAH, 088710495 (1992) STUDI PENGGUNAAN METODE POTENSIOMETRI UNTUK PENETAPAN KADAR CAMPURAN ION KLORIDA DAN NON IONIDA SECARA TITRASA ARSENTOMETRI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK MPK 175-92 ZAK S.pdf

Download (366kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan peneliLian penetapan kadar campuran ion iodida dan ion klorida dengan metode potensiometer secara argentometri. Campuran ion iodida dan ion klorida dengan konsentrasi yang sarna dan dalam berbagai perbandingan konsentrasi yang sudah diketahui, ditetapkan kembali kadarnya dengan AgNOg sebagai larutan pentiternya. Untuk mengetahui titik °ekivalen digunakan potensiometer. Dalam penelitian ini digunakan elektrode perak sebagai elektrode indikator dan elektrode gelas sebagai elektrode pembanding. Dari hasil perolehan kembali kadar ion iodida dan ion klorida yang didapatkan, ternyata rata-rata prosentase ion iodida hasil perolehan kembali lebih besar dari rata-rata kadar sesungguhnya. Rata-orala prosentase ion k10rida perolehan kembali kadarnya 1ebih keeil dari rata-rata prosentase kadar sesungguhnya. Dengan kata lain metode potensiometri yang digunakan tidak memberikan hasil seperti yang diharapkan. Da1am hal ini kondisi operasi yang kurang tepat yang mempengaruhinya. Dengan kondisi saperl.i penelitian ini metode potensiometri tidak dapat digunakan unluk menetapkan kadar eampuran ion iodida dan ion k10rida karelJ8 mempunyai ketepatan yang kurarlg baik.meskipun mempunyai ketelitian yang cukup baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPK 175/92 Zak s
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD1-999 Chemistry
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia
Creators:
CreatorsNIM
ELFI ZAQIAH, 088710495UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantNy. M.H Soeharsono, DraUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 09 May 2017 23:21
Last Modified: 09 May 2017 23:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57332
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item