ANALISIS PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN AKTIVITAS IMC DALAM PEMILIHAN EVENT JAZZ TRAFFIC FESTIVAL 2014: STUDI PADA EVENT SPONSORSHIP BANK JATIM 2014

RANGGA ANANTA ZULKIFLI, 041012218 (2015) ANALISIS PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN AKTIVITAS IMC DALAM PEMILIHAN EVENT JAZZ TRAFFIC FESTIVAL 2014: STUDI PADA EVENT SPONSORSHIP BANK JATIM 2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-zulkiflira-39529-5.abstr-i.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses aktivitas IMC yang dilakukan oleh Bank Jatim dalam melakukan event sponsorship pada kegiatan Jazz Traffic Festival. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode case study. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara depth interview kepada tiga informan tim analis proposal Bank Jatim dan skema alur proposal didapat dari hasil catatan lapangan yang bersumber dari staf kesekretariatan Bank Jatim. Hasil penelitian menunjukkan proses pengambilan keputusan yang mendasari Bank Jatim dalam mendanai sebuah kegiatan ditentukan oleh empat aspek yaitu kredibilitas penyelenggara, benefit terhadap perusahaaan, kesesuaian target pasar dan perusahaan, serta memunculkan biaya sponsorship. Dari hasil penelitian didapatkan aspek tambahan yang dapat meningkatkan probabilitas penerimaan proposal oleh Bank Jatim dimana aspek tersebut adalah riwayat acara. Bank Jatim dalam kegiatan Jazz Traffic Festival mengeluarkan dana yang relatif besar, karena biaya yang dikeluarkan besar dan di awal maka untuk meminimalisir resiko dari kegiatan sponsorship Bank Jatim menambahkan aspek riwayat acara dalam melakukan analisis proposal penawaran kegiatan sponsorship. Dari hasil penelitian juga diperoleh hasil bahwa event Jazz Traffic Festival adalah hal yang pertama kali dilakukan oleh Bank Jatim mensponsori kegiatan dengan genre musik jazz. Mengingat bahwa sejak Bank Jatim berdiri tahun 1961 selalu memilih genre musik dangdut dalam setiap kegiatannya, namun di tahun 2014 perubahan genre musik jazz pada aktivitas pemasaran yang dilakukan Bank Jatim merupakan suatu perubahan yang layak untuk diteliti. Pada saat Bank Jatim mengambil keputusan tersebut mengacu pada model pengambilan keputusan rational dengan melibatkan beberapa bagian yaitu pemimpin divisi, pemimpin sub divisi, penyelia pemasaran, dan direksi sebagai penentu keputusan untuk event Jazz Traffic Festival 2014. Sedangkan alur proposal event untuk sampai diterima atau ditolak perusahaan dimulai dari staf kesekretariatan dan ketatausahaan Sekretaris Perusahaan. Proposal disampaikan kepada direksi yang membidangi. Disposisi dari direksi yang membidangi, proposal diserahkan kembali ke staf kesekretariatan Sekretaris Perusahaan untuk diberikan kepada divisi yang membidangi. Dalam proposal event Jazz Trafic Festival 2014 proposal diserahkan kepada pemimpin divisi dana jasa dan luar negeri lalu proposal tersebut diberikan kepada pemimpin sub divisi yang membidangi untuk dianalisis. Pemimpin sub divisi pengembangan produk & kebijakan produk dana jasa dan luar negeri bersama group produk yang terdiri dari beberapa penyelia melakukan analisis terhadap proposal penawaran. Hasil analisis diserahkan kepada pemimpin divisi dana jasa dan luar negeri lalu dibuatkan nota usulan ke direksi untuk pemohon dapat melakukan presentasi. Pemohon yang terpilih melakukan presentasi di hadapan direksi dan tim. Berdasarkan notulen pertemuan hasil presentasi pemimpin divisi menyerahkan nota laporan hasil presentasi kepada direksi yang merupakan hasil akhir analisis dari proposal dan presentasi yang dilakukan beberapa pemohon. Direksi memberikan disposisi untuk melakukan negosiasi dan kontrak kerjasama dengan pemohon yang diterima. Proposal yang ditolak akan mendapatkan surat penolakan dari pemimpin divisi dana jasa dan luar negeri. Proposal yang diterima maka pemohon akan dihubungi oleh pemimpin divisi dana jasa dan luar negeri untuk melakukan negosiasi dan kontrak kerjasama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 374/15 Zul a
Uncontrolled Keywords: DECISION MAKING; SPONSORSHIP
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD62.2-62.8 Management of special enterprises
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
RANGGA ANANTA ZULKIFLI, 041012218UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorGancar Candra Premananto, Dr. SE., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 21 Dec 2015 12:00
Last Modified: 24 Oct 2016 02:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5746
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item