HUBUNGAN ANTARA SIKAP TERHADAP INOVASI PRODUK DAN KEPUASAN KONSUMEN DENGAN LOYALITAS MEREK PENGGUNA PONSEL

SANTI LISTIYANINGSIH,, 110010411 (2004) HUBUNGAN ANTARA SIKAP TERHADAP INOVASI PRODUK DAN KEPUASAN KONSUMEN DENGAN LOYALITAS MEREK PENGGUNA PONSEL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK PSI 07-05 LIS H.pdf

Download (391kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara sikap terhadap inovasi produk dan kepuasan konsumen dengan loyalitas merek pengguna ponseL Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas, yaitu sikap terhadap inovasi produk (Xl) dan kepuasan konsumen (X2), serta satu variabel terikat, yaitu loyalitas merek (Y). Penelitian ini berusaha melihat hubungan antara variabel-variabel penelitian dan menguji hipotesis kerja, sehingga dapat dikatakan bahwa penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian penjelasan (explanatory research). Penelitian dilakukan pada pengguna ponsel dengan teknik pengambilan sampel secara accidental sampling. Sam pel diambil dari populasi dengan karakteristik pria atau wanita usia 18-35 tahun, pengguna ponsel yang minimal telah dua kali menggunakan merek yang sarna. Berdomisili di Surabaya. Jumlah responden yang terjaring sebanyak 130, namun yang dianalisis sebanyak 120 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Berdasarkan uji validitas dengan taraf signifikansi 0.05, maka diperoleh 36 item yang sahih dan 50 item pada kuesioner sikap terhadap inovasi produk, 47 item yang sahih dan 50 item pada kuesioner kepuasan konsumen, dan 45 item sahih dari 50 item pada kuesioner loyalitas merek. Dengan menggunakan teknik analisis dari Alpha Cronbach, kuesioner sikap terhadap inovasi produk,kuesioner kepuasan konsumen, dan kuesioner loyalitas merek masing-masing memiliki koefisien reliabilitas (rn) sebesar 0,9545, 0,9568, dan 0,9596. Dengan demikian, ketiga kuesioner tersebut dinyatakan andal. Teknik analisis data menggunakan analisis logistic regression, dimana diperoleh nilai Chi Square (X2) sebesar 57,344, dan p < 0,05 yang menunjukkan hasil yang sangat signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara umum terdapat hubungan yang kuat antara sikap terhadap inovasi produk dan kepuasan konsumen dengan loyalitas merek pengguna ponsel. Koefisien determinasi sebesar 0,380, dapat dikatakan bahwa sikap terhadap inovasi produk dan kepuasan konsumen mempunyai peranan penting sebesar 38% terhadap terciptanya loyalitas merek pengguna ponsel, sementara 62% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan ilmiah dalam usaha memperolch pcmahaman, mengembangkan teori, dan menguji secara metodologis mengenai hubungan antara sikap terhadap inovasi produk dan kepuasan konsumen dengan Joyalitas merek. Setain itu, penelitian ini dapat diharapkan dapat membenkan masukan dan ump:m batik kepada perusahaan produsen ponsel untuk menerapkan strategi bisnisnya kebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK PSI 07/05 Lis h
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
SANTI LISTIYANINGSIH,, 110010411UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantFajrianthi, Dra. Psi., MPsiUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 17 May 2017 01:26
Last Modified: 17 May 2017 01:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57476
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item