PENGARUH PEMBERIAN PREMARITAL PROGRAM TERHADAP TINGKAT COUPLE RELATIONSHIP STRENGTHS PADA PASANGAN YANG BERKOMITMEN AKAN MENIKAH

Ardiana Setia Rakbmawati, 110010410 (2004) PENGARUH PEMBERIAN PREMARITAL PROGRAM TERHADAP TINGKAT COUPLE RELATIONSHIP STRENGTHS PADA PASANGAN YANG BERKOMITMEN AKAN MENIKAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK PSI 12-05 RAK P.pdf

Download (389kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Menikah merupakan salah satu tugas perkembangan masa dewasa awal. Namun dalam menghadapi suatu pernikahan pasangan seringkali tidak mempersiapkannya secara matang. Persiapan yang sering dilakukan justru terfokus pada perayaan pesta pernikahan yang hanya berlangsung dalam sekejap saja. Pasangan justru tidak mempersiapkan kehidupan pernikahan yang mungkin akan berlangsung selamanya. Dalam mempersiapkan pernikahan, pasangan seharusnya lebih memperhatikan kualitas hubungan yang dimilikinya. Kurangnya persiapan pernikahan yang dilakukan pasangan bisa mengakibatkan terjadinya kejenuhan, perselisihan, dan bahkan yang terparah adalah perceraian. Salah satu cara yang efektif untuk membantu pasangan yang akan menikah untuk mempersiapkan diri mereka adalah dengan diberikannya suatu program persiapan pernikahan. Oleh karena itu peneliti menyusun suatu program yang ditujukan untuk membekali pasangan tentang area-area yang penting dalam suatu hubungan pernikahan. Dalam penelitian ini, peneliti akan menguji pengaruh pemberian Premarital Program terhadap pasangan yang sudah berkomitmen akan menikah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Variabel penelitian ini adalah Premarital Program dan tingkat Couple Relationship Strengths. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonrandomized pretest postest design dengan menggunakan pretest dan posttest pada kelompok kontrol dan eksperimen dan pemberian perlakuan pada kelompok eksperimen. Selain itu digunakan juga uji coba (try out) untuk menguji validitas dan reliabilitas skala tingkat Couple Relationship Strengths. Cara pemilihan sample pada penelitian ini adalah secara random sampling dengan metode purposive sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh pemberian Premarital Program terhadap tingkat Couple Relationship Strengths. Kesimpulan tersebut didapatkan dari hasil uji t yang menghasilkan nilai p = 0,294 yaitu p> 0,05 . Sehingga dapat diperoleh keterangan bahwa program tersebut tidak berpengaruh secara signifikan. Untuk mendukung data dalam penelitian ini, peneliti juga menambahkan data kualitatif. Dari data tersebut didapatkan infonnasi bahwa ternyata Premarital Program terse but cUkup bennanfaat bagi para subyek penelitian yang berupa pasangan yang berkomitmen akan menikah dengan pasangannya saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK PSI 12/05 Rak p
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF180-205 Experimental Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
Ardiana Setia Rakbmawati, 110010410UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantRr. Murvantinah M. Handavani, S.Psi, PsiUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 17 May 2017 01:37
Last Modified: 17 May 2017 01:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57479
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item