PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK BRAINSTORMING TERRADAP TNGKAT KREATIVITAS VERBAL ANGGOTA TEAMWORK YANG BERKEPRIBADIAN TIPE A

Eny Fadilah,, 119910315 (2004) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK BRAINSTORMING TERRADAP TNGKAT KREATIVITAS VERBAL ANGGOTA TEAMWORK YANG BERKEPRIBADIAN TIPE A. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk psi 06-05 fad p.pdf

Download (395kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penelitian-penelitian terdahulu yang menghasilkan kesuksesan Teknik Brainstorming untuk meningkatkan kreativitas verbal. Kepribadian tipe A memiliki sebagian ciri-ciri kepribadian yang kreatif. Faktor kepribadian yang sudah dimiliki tersebut, secara positif akan semakin meningkatkan tingkat kreatifitas individu tersebut apabila diberikan sebuah teknik peningkatan kreatifitas yang tepat, sesuai dengan kepribadian mereka yang suka berkompetisi dalam teamwork, dan beberapa pola kepribadian lainnya yang terstimulasi oleh situasi ekstemal sehingga mendorong mereka untuk menghasilkan pekeIjaan yang sempurna jika dibandingkan rekan-rekan mereka. Teknik peningkatan kreativitas yang sejalan dengan sitqasi tersebut adalah Teknik Brainstorming. Teknik ini memberikan efek kognitif, persaingan untuk mndapatkan reward dari sosial. Sosial disini diilustrasikan dalam sebuah kelompok-kelompok kerja atau teamwork. Penelitian ini merupakan tipe penelitian Quasi Eksperiment yang berdesain Non-Randomized Pretes-Postes Control Group Design. Tujuan penelitian lUl adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik B'rainstroming terhadap tingkat kreativitas anggota teamwork yang berkepribadian tipe A. Eksperimen dilaksanakan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan Teknik Brainstorming terhadap tingkat kreativitas anggota teamwork yang berkepribadian tipe A. Eksperimen kemudian dilakukan untuk mengetahui pengaruh Teknik Brainstorming tersebut, yakni mengadakan pengukuran aWal pada subyek sampel populasi untuk menentukan subyek-subyek yang menjadi kelornpok eksperirnen dan kelornpok kontroL Setelah proses menghornogenkan kedua kelornpok sehingga matched dan berangkat pada kondisi yang sama dan setara, rnaka kedua kelompok rnendapatkan treatment rnengikuti 3 sesi pelatihan pra-Brainstorming, yaitu sesi Ice Breaking, Creative Learning, dan Creative Thinking. Khusus pada kelornpok eksperirnen diberikan sesi Brainstorming. Pengukuran akhir yang diadakan langsung setelah perlakuan, yakni setelah sesi Creative Thinking pada kelornpok kontrol dan setelah sesi Brainstorming pada kelornpok eksperirnen. Nilai perbedaan pretes dan postes yaitu !-test = 21,019 dengan taraf signifikansi 0,000 yang kurang dari 0,05 ,sedangkan pada kelornpok kontrol nilai t-test = 1,515 dengan taraf signifikansi 0,158 berarti lebih besar dari 0,05. Pada kelornpok kontrol tidak rnenunjukkan perbedaan rerata nilai tingkat kreativitas verbal yang signifikan pada pretes dan postes. Dari eksperirnen ini dapat disirnpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan Teknik Brainstorming yang signifikan pada tingkat kreativitas verbal anggota teamwork yang berkepribadian tipe A.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK PSI 06/05 Fad p
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF180-205 Experimental Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
Eny Fadilah,, 119910315UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantFENDY SUHARYADI, Dr., Drs., MTUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 17 May 2017 01:54
Last Modified: 17 May 2017 01:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57480
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item