EMOTIONAL CONTAGION (PENULARAN EMOSI) PADA PASIEN RAWAT-INAP KELAS 3 INSTALASI RAWAT-INAP RUMAH SAKIT HAJI SURABAYA (STUDI KASUS)

Siti Ina Savira, 119910318 (2004) EMOTIONAL CONTAGION (PENULARAN EMOSI) PADA PASIEN RAWAT-INAP KELAS 3 INSTALASI RAWAT-INAP RUMAH SAKIT HAJI SURABAYA (STUDI KASUS). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk psi. 09-05 sav a.pdf

Download (376kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pasien yang dirawat di nunah sakit mengalami peru~ahan drastis dalam aspekaspek kebidupannya Dengan demikian, pasien yang dirawat di rwr.ah sakit cenderung berada dalam keadaan emosional yang neaatif. Emotional contagion, (penularan emosi) adal&h sustu kecenderungan untuk secara otomatis ml.'mirukan (mimicry) dan menyesuaikan (;.ynchrony) ekspresi wajab. vokal atau suara, postur tubuh. dan gerakan orang lain, dan konsekuensinya, ikut terpengaruh sec.ara emosional. Akibatnya, pasien-pasien yang berada da.lam satu fUIUlgan •dapat membaca emosi pasien Jain melalui perilaku ekspre.;if mereka. Bukti-buktj memmjukkan bahwa hub1.mgan yang terbentuk di 8Dtara pasien-paSlen yang ditempatkan dalam satu ruangan dengan pasien lain mempengaruhi aspek emosi pasien yang sangat pellting. yaitu kecemasan. Penelitian ini menekankan pelhatian pada penularan emosi yang terjadi pada pasien-pasien tersebut, yaitu meknniSIJle, akibat, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggllnakan pendekatan kualitatif denganmetode studi kasu~ holistik, dimana peneliti bcrtujuan untuk mempelajari fenomena atau populasi atau umum dengan Iebih mendalam berdasarkan setirlg al&miahny3. Pengumpubn data dilakukan dengan menggunakan wawanf'..ara, observasi, angket, dan arslp. Berdasarkan pene1iti.m ini peneUti menemukan bahwa penularan emosi daplt terjadi melalui tiga cara, yaitu conscious cognitive process, conditioned and unconditioned·r.!sponses. scrta mimtcrylfeedbaclc. Ketiga meJr.anisme tcrscbut terjadi karena pasioo mengamati dan menangkap isyarat atau sil<ap emosior,al pasien lain, menterjemahkannya, dan menghayatinya seolah berasal dari diri mereka sendiri. Fal10r utama terjadillya pellularan emosi adalah faktor atellsi, yang diindikasikan antara \ain dengan kontrol, kesadaran terhadap infonnasi internal dan eksternal, serta seleksi stimuli, faktor emosi. dan faktor perii3.ku, yaitu behaVioral synchrony, Penularan emosi pada pasien-pasien rawat-inap kelas 3 Instalasl Rawat-lnap RS Haji Surabaya berakibat pada kondisi psikologis dan fisiologis mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK PSI 09/05 Sav e
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
Siti Ina Savira, 119910318UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantImam Santiy Prakosa,, S.Psi, Psi.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 17 May 2017 02:03
Last Modified: 17 May 2017 02:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57482
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item