BIOKOMPATIBILITAS, PROLIFERASI DAN DIFERENSIASI OSTEOBLASTIK DARI MESENCHYMAL STEM CELL SETELAH PAPARAN EKSTRAK BUAH NAGA MERAH (Penelitian Eksperimental Laboratoris In Vitro)

MARDIYANTO RISKI HARTONO, 021314153003 (2016) BIOKOMPATIBILITAS, PROLIFERASI DAN DIFERENSIASI OSTEOBLASTIK DARI MESENCHYMAL STEM CELL SETELAH PAPARAN EKSTRAK BUAH NAGA MERAH (Penelitian Eksperimental Laboratoris In Vitro). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
TKG. 03-16 Har b abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
TKG. 03-16 Har b.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

BIOKOMPATIBILITAS, PROLIFERASI DAN DIFERENSIASI OSTEOBLASTIK DARI MESENCHYMAL STEM CELL SETELAH PAPARAN EKSTRAK BUAH NAGA MERAH (Penelitian Eksperimental Laboratoris In Vitro) Pendahuluan: Fraktur tulang terutama pada mandibula merupakan kerusakan tulang yang sering terjadi dalam dunia kedokteran gigi. Pada pasien yang memiliki penyakit penyerta seperti osteoporosis maupun keganasan pada rongga mulut, lebih mudah menderita fraktur tulang. Stem cell dan diferensiasinya menjadi osteoblast penting untuk regenerasi jaringan tulang tetapi jumlah stem cell pada jaringan yang sangat terbatas, yaitu kurang lebih adalah 0.001% pada bone marrow jaringan tulang. Salah satu upaya untuk meningkatkan jumlah stem cell dan meningkatkan diferensiasi osteoblastik adalah dengan menggunakan suplementasi ekstrak buah naga merah. Tujuan: Untuk mengetahui dan menganalisa biokompatibilitas ekstrak buah naga merah, proliferasi dan diferensiasi osteoblastik mesenchymal stem cell setelah paparan ekstrak buah naga merah. Metode: Terdapat 8 kelompok perlakuan, 1 kelompok kontrol negatif dan 1 kontrol positif dengan replikasi tiap kelompok adalah 6. Kelompok perlakuan terbagi dengan ekstrak buah naga merah konsentrasi 50μg/ml, 100μg/ml, 200μg/ml, 300μg/ml, 400μg/ml, 500μg/ml, 600μg/ml, 700μg/ml serta kelompok positif menggunakan ascorbic acid 200μg/ml. Hasil: Ekstrak buah naga merah konsentrasi 50μg/ml hingga konsentrasi 700μg/ml bersifat biokompatibel, dan kelompok ekstrak buah naga merah konsentrasi 50μg/ml hingga 400μg/ml mampu meningkatkan proliferasi mesenchymal stem cell dengan signifikan (p ≤ 0,05) dan konsentrasi ekstrak 50μg/ml buah naga merah meningkatkan proliferasi yang paling baik. Konsentrasi 50μg/ml ekstrak buah naga merah meningkatkan diferensiasi osteoblastik dan membentuk jumlah nodul/deposit kalsium lebih tinggi dan signifikan (p ≤ 0,05) dibandingkan dengan kontrol. Kesimpulan: Ekstrak buah naga merah bersifat biokompatibel dan dapat meningkatkan proliferasi dan diferensiasi osteoblastik dari mesenchymal stem cell. Kata kunci: ekstrak buah naga merah, biokompatibilitas, proliferasi, diferensiasi, mesenchymal stem cell.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKG. 03-16 Har b
Uncontrolled Keywords: ekstrak buah naga merah, biokompatibilitas, proliferasi, diferensiasi, mesenchymal stem cell.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsEmail
MARDIYANTO RISKI HARTONO, 021314153003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKetut Suardita, drg., Ph.D., Sp.KGUNSPECIFIED
ContributorAnita Yuliati, Prof. Dr., drg., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 21 May 2017 17:39
Last Modified: 21 May 2017 17:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57540
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item