Korelasi Mikrokalsifikasi Mammogram dengan Indeks Aktivitas Mitosis pada pasien Kanker Payudara Pengamatan di RSUD dr. Soetomo Surabaya Periode Oktober 2015 – Februari 2016

Johanes Hari Susanto Arpasat, 011218176301 (2016) Korelasi Mikrokalsifikasi Mammogram dengan Indeks Aktivitas Mitosis pada pasien Kanker Payudara Pengamatan di RSUD dr. Soetomo Surabaya Periode Oktober 2015 – Februari 2016. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
PPDS. R. 13-16 Arp k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair. ac.id

Abstract

Pendahuluan : Kanker payudara merupakan keganasan terbanyak kedua setelah kanker serviks uterus pada wanita. Mammografi adalah x-ray khusus payudara yang digunakan baik untuk skrining dan evaluasi lebih lanjut dari perubahan yang ditemukan pada pemeriksaan fisik. Dari mammogram dapat ditemukan adanya keganasan disertai mikrokalsifikasi. Mitosis merupakan bagian dari pengukuran derajat keganasan payudara dari histopatologi. Tujuan : Mengetahui korelasi mikrokalsifikasi mammogram dengan indeks aktivitas mitosis pada pasien kanker payudara di RSUD dr. Soetomo Surabaya. Metode dan Bahan : Analitik observasional dengan metode pengambilan data retrospektif. Semua hasil ekspertise mammogram dan laporan histopatologi dari pasien kanker payudara yang datang memeriksakan diri ke RSUD dr. Soetomo Surabaya periode Oktober 2015 sampai Februari 2016. Hasil : Distribusi sampel pasien kanker payudara berdasarkan usia, sebanyak 42 % berusia 40-49 tahun. Berdasarkan terdapatnya mikrokalsifikasi sebanyak 52 %. Berdasarkan grading mitosisnya, sebanyak 42 % menunjukkan grading yang tinggi. Dari crosstabulation mikrokalsifikasi (-) dan mikrokalsifikasi (+) didapatkan perbedaan yang tidak terlalu signifikan pada grading mitosis yang tinggi , yang berarti bahwa setiap pasien kanker payudara pada penelitian ini yang mengandung mikrokalsifikasi ataupun tidak mengandung mikrokalsifikasi dapat juga nilai indeks aktivitas mitosisnya tinggi. Kesimpulan : Pada kanker payudara dengan atau tanpa mikrokalsifikasi, dapat juga indeks aktivitas mitosisnya tinggi dan tidak ada korelasi yang signifikan antara ada tidaknya mikrokalsifikasi mammogram dengan grading mitosis.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS R 13-16 Arp k
Uncontrolled Keywords: Mikrokalsifikasi, Indeks Aktivitas Mitosis, Mammografi
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
R Medicine > RC Internal medicine > RC71-78.7 Examination. Diagnosis Including radiography
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Radiologi
Creators:
CreatorsEmail
Johanes Hari Susanto Arpasat, 011218176301UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLies Mardiyana, dr. , Sp.Rad (K)UNSPECIFIED
ContributorBambang Soeprijanto, DR. dr. , SpRad (K)UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 21 May 2017 18:22
Last Modified: 21 May 2017 18:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57543
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item