PROFIL PENCITRAAN TUMOR KARSINOMA NASOFARING DENGAN PEMERIKSAAN CT SCAN YANG DIKONFIRMASI DENGAN TIPE HISTOPATOLOGI DI RSUD DR SOETOMO Pengamatan di Instalasi Radiologi Periode Juni 2014 – Desember 2015

Suci Lestari, NIM011218176310 (2016) PROFIL PENCITRAAN TUMOR KARSINOMA NASOFARING DENGAN PEMERIKSAAN CT SCAN YANG DIKONFIRMASI DENGAN TIPE HISTOPATOLOGI DI RSUD DR SOETOMO Pengamatan di Instalasi Radiologi Periode Juni 2014 – Desember 2015. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (558kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
PPDS. R. 14-16 Les p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair. ac.id

Abstract

Pendahuluan: Pemeriksaan Computed Tomography Scanning (CT Scan) kepala leher penting untuk deteksi dan diagnosis tumor nasofaring. Pencitraan penting untuk mengevaluasi perluasan tumor nasofaring terutama CT Scan mempunyai keunggulan dalam mendeteksi adanya erosi/destruksi tulang. Dalam penegakkan diagnosis karsinoma nasofaring, pemeriksaan histopatologi masih menjadi baku emas untuk menentukan tipe histopatologi dari tumor karsinoma nasofaring tersebut. Namun belum terdapatnya penelitian karakteristik tumor nasofaring pada pemeriksaan CT Scan yang dikonfirmasi dengan tipe histopatologi hingga saat ini di Instalasi Radiologi RSUD Dr. Soetomo, Surabaya. Tujuan: Mengetahui karakteristik tumor (T) pada karsinoma nasofaring pada pemeriksaan CT Scan yang dikonfirmasi dengan tipe histopatologi. Metode dan Bahan: Sebanyak 130 sampel yang memenuhi kriteria inklusi selama periode Juni 2014 – Desember 2015. Kemudian dilakukan pengambilan data radiologi dan histopatologi, dan di analisis secara statistik deskriptif. Hasil : Stadium tumor karsinoma nasofaring di Instalasi Radiologi GDC RSUD Dr. Soetomo didominasi stadium III dan IV dengan tipe histopatologi tersering tipe III undifferentiated carcinoma. Rentang usia tersering pada tipe undifferentiated carcinoma 50-59 tahun dengan usia termuda 12 tahun dan tertua 79 tahun dan perbandingan laki-laki lebih banyak dari perempuan. Pada tipe undifferentiated carcinoma mempunyai perluasan tumor hingga orbita dan hipofaring yang tidak didapatkan pada kedua tipe lainnya. Tumor karsinoma nasofaring pada ketiga tipe histopatologi mempunyai kesamaan pada karakteristik tumornya. Kesimpulan: Semua tipe histopatologi memberikan gambaran karakteristik tumor berbatas tegas dengan tipe irregular dengan densitas tertinggi pada tipe I dan peningkatan densitas tertinggi pada tipe III. Volume rata-rata tertinggi tipe II. Infiltrasi tumor terluas pada tipe III.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK PPDS R 14-16 Les p
Uncontrolled Keywords: karsinoma nasofaring, CT Scan, karakteristik tumor nasofaring, tipe histopatologi
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
R Medicine > RC Internal medicine > RC71-78.7 Examination. Diagnosis Including radiography
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Radiologi
Creators:
CreatorsNIM
Suci Lestari, NIM011218176310NIM011218176310
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAnggraini Dwi Sensusiati, Dr. dr. , Sp.Rad(K)UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 21 May 2017 18:27
Last Modified: 21 May 2017 18:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57545
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item