TEKNIK PENETASAN TELUR IKAN BLACK GHOST (Apteronotus albifrons) DENGAN SUBSTRAT BATU KERIKIL DI KELOMPOK TANI VARIA MINA USAHA, DESA TUNGLUR, KECAMATAN PARE, KABUPATEN KEDIRI – JAWA TIMUR

DESI RIZKI AMALIA, 141311133103 (2016) TEKNIK PENETASAN TELUR IKAN BLACK GHOST (Apteronotus albifrons) DENGAN SUBSTRAT BATU KERIKIL DI KELOMPOK TANI VARIA MINA USAHA, DESA TUNGLUR, KECAMATAN PARE, KABUPATEN KEDIRI – JAWA TIMUR. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
RINGKASAN.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
PKL. PK. BP. 179-16 Ama t.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair. ac.id

Abstract

Ikan Black Ghost merupakan salah satu ikan hias air tawar yang banyak diminati karena memiliki ciri khas yang menarik yaitu badan hitam gelap, tanda khusus berupa garis putih dari atas dahi, tidak bergigi, bertulang belakang, mempunyai bentuk badan menyerupai belut, sirip menyatu dan memanjang dari dada sampai pangkal ekor. Ikan Black Ghost dapat mengeluarkan listrik sebesar enam volt untuk mempertahankan dirinya, matanya sensitif terhadap sinar terang, suka berada di bebatuan, tanaman, dan benda lainnya untuk menyembunyikan diri. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di KELOMPOK TANI VARIA MINA USAHA Desa Tunglur, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur selama satu bulan dari tanggal 18 Januari-20 Februari. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa teknik penetasan telur ikan black ghost dengan substrat batu kerikil meliputi : persiapan akuarium, seleksi induk, pemeliharaan induk sebelum memijah, fase pemijahan, fase penetasan telur, dan pemeliharaan larva. Rata-rata hasil parameter kualitas air pada akuarium pemeliharaan ikan black ghost dengan substrat batu kerikil meliputi pH 6,5-7, suhu 25-28 oC. Rasio atau perbandingan induk jantan dan induk betina yang digunakan adalah 5 : 2. Pakan yang diberikan selama pemeliharaan adalah cacing darah beku. Besarnya daya tetas telur ikan black ghost di lokasi PKL pada substrat batu kerikil rata-rata 39,02% sedangkan pada substrat ijuk rata-rata 80% dan tingkat kelangsungan hidup burayaknya pada substrat batu kerikil rata-rata 62,5% sedangkan pada substrat ijuk rata-rata 31,97%.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL. PK. BP. 179-16 Ama t
Uncontrolled Keywords: Ikan Black Ghost, Penetasan Telur Ikan Black Ghost
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF481-507 Poultry. Eggs
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
DESI RIZKI AMALIA, 141311133103UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSapto Andriyono, S.Pi., MTUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 22 May 2017 21:23
Last Modified: 22 May 2017 21:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57571
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item