TEKNIK PENGAMATAN EKTOPARASIT Zoothamnium sp. PADA PEMBESARAN UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) DI UPT PBAP BANGIL - PASURUAN, JAWA TIMUR.

VINI KRISTIANA, 141311133107 (2016) TEKNIK PENGAMATAN EKTOPARASIT Zoothamnium sp. PADA PEMBESARAN UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) DI UPT PBAP BANGIL - PASURUAN, JAWA TIMUR. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
RINGKASAN.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
PKL. PK. BP. 189-16 Kri t.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair. ac.id

Abstract

Usaha budidaya pembesaran udang vaname (Litopenaeus vannamei) terhambat dengan adanya penyakit pada udang. Timbul suatu penyakit pada udang karena tidak seimbangnya antara kondisi udang, lingkungan serta patogen yang ada. Ketika lingkungan buruk akan mengakibatkan timbul banyak patogen yang dapat menyerang udang dengan mudah pada kondisi kekebalan tubuh udang menurun dan akan menyebabkan kematian pada udang. Salah satu parasit yang dapat menyerang udang vaname berdasarkan keberadaanya yaitu Zoothamnium sp. Zoothamnium sp. menyerang udang pada semua stadia mulai dari telur, larva, juvenil dan dewasa. Tujuan dilaksanakannya Praktek Kerja Lapang (PKL) ini adalah mempelajari dan mempraktekkan teknik pengamatan ektoparasit Zoothamnium sp. pada pembesaran udang vaname (Litopenaeus vannamei) di UPT PBAP Bangil – Pasuruan, Jawa Timur. PKL dilaksanakan pada tanggal 15 Januari – 19 Februari 2016. Metode kerja yang digunakan adalah metode deskriptif dengan cara melakukan pengamatan langsung, sehingga didapatkan data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, partisipasi aktif dan studi pustaka. Melakukan teknik pengamatan ektoparasit Zoothamnium sp. pada udang vaname (Litopenaeus vannamei) dilakukan dua teknik yaitu secara makroskopis dan mikroskopis. Secara makroskopis merupakan teknik pengamatan dengan mengamati kondisi fisik udang secara langsung menggunakan mata telanjang tanpa bantuan alat. Sedangkan teknik pengamatan mikroskopis merupakan pengamatan udang dengan cara scraping atau pengerokan dan kemudian dilakukan pengamatan dengan alat berupa mikroskop.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL PK BP 189-16 Kri t
Uncontrolled Keywords: budidaya udang
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture > SH151-179 Fish culture
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
VINI KRISTIANA, 141311133107UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHj. Sri Subekti, Prof. Dr. , drh., DEA.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 23 May 2017 16:56
Last Modified: 23 May 2017 16:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57611
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item