Prosedur Kerja Reservation Sales & Marketing Department Di Hotel Garden Palace Surabaya

Faishal Mahdy Rauf, 041310613043 (2016) Prosedur Kerja Reservation Sales & Marketing Department Di Hotel Garden Palace Surabaya. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK FV MP 53-16.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
2. FULLTEXT FV MP 53-16.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hotel adalah akomodasi yang bergerak di bidang jasa yang menyewakan kamar sebagai menginap sementara bagi tamu dan terdapat fasilitas lain seperti restaurant untuk tempat makan dan minum bagi para tamuyang menginap serta fasilitas pendukung lainnya. Dalam memberikan pelayanan kepada tamu, pelayanan hotel wajib melayani dengan penuh ramah, sopan santun agar tamu puas dengan pelayanan yang diberikan selama menginap dihotel. Setelah penulis melakukan Praktik Kerja Lapangan di Garden Palace Hotel Surabaya, maka terdapat beberapa kesimpulan sebagai berikut : a) Dalam usaha yang bergerak di bidang jasa sangat diperlukan keramahtamahan, kesopanan, pelayanan yang terbaik bagi tamu dan mampu mengatasi masalah yang akan di hadapi. b) Reservation memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menerima segala pemesanan kamar baik dari perorangan maupun group yang akan menginap di hotel. c) Program komputerisasi yang di gunakan Garden Palace Hotel adalah Program Maximal untuk memperlancarkan perkerjaan, membantu tim Sales & Marketing untuk mengetahui jumlah tingkat okupansi kamar dalam setiap harinya, dan dapat membuat rencana untuk mencapai target penjualan kamar pada setiap bulannya. d) Dalam menjalankan prosedur pemesanan kamar dibutuhkan komunikasi yang baik antara pihak Reservation, Sales & Marketing dan Front Office agar meminimalisir kesalahan dalam pekerjaan. e) Dengan melaksanakan praktek, penulis tidak hanya mendapatkan pengalaman mengenai segala pekerjaan seorang Reservation diantaranya bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan tamu, cara memperomosikan produk, dan mengupdate pemesanan kamar bila ada perubahan menurut info dari tamu hotel. f) Dalam memperomosikan produk hotel yang akan di promosikan kepada tamu, pihak Reservation harus mempelajari jenis produk serta kelebihan dan kelemahan produk yang akan dijual kepada tamu. g) Menjalankan strategi yang diterapkan oleh pihak Sales & Marketing agar tujuan yang ditargetkan dapat tercapai. h) Diperlukan sistem manajemen yang baik agar semua operasional hotel berjalan lancer dan tidak mengalami hambatan. i) Dalam peraturan yang ditetapkan di dalam Sales & Marketing sebaiknya ditaati sesuai dengan prosedur yang berlaku. Masih banyak hal lain yang penulis dapatkan selama praktik kerja lapangan di Garden Palace Hotel. Penulis sangat bersyukur karena dapat melaksanakan praktik kerja lapangan ini dengan lancer. Dengan harapan pengalaman yang telah penulis dapatkan akan menjadi bekal untuk di masa yang akan datang dalam menghadapi dunia kerja.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV MP.53/16 Rau p
Uncontrolled Keywords: Reservation Sales; Marketing Department
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Perhotelan
Creators:
CreatorsNIM
Faishal Mahdy Rauf, 041310613043UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNovianto Edi Suharno, SST.Par.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 23 May 2017 17:47
Last Modified: 23 May 2017 17:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57617
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item