PERANAN HUMAS PT INDOSAT EAST REGIONAL OFFICE DALAM PROSES MERGER ANTARA PT INDOSAT, PT SATELINDO DAN PT INDOSAT MULTI MEDIA MOBILE PADA PUBLIK INTERNAL DI WILAYAH SURABAYA

MIA RAKHMALIA, 079916090 (2005) PERANAN HUMAS PT INDOSAT EAST REGIONAL OFFICE DALAM PROSES MERGER ANTARA PT INDOSAT, PT SATELINDO DAN PT INDOSAT MULTI MEDIA MOBILE PADA PUBLIK INTERNAL DI WILAYAH SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk Fis K 61.05 Rek p.pdf

Download (115kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hubungan masyarakat merupakan fungsi manajemen yang membantu menentukan tujuan, filosofi organisasi dan memfasilitasi perubahan. Pada tahun 2003, Indosat melakukan penggabungan usaha dengan anak perusahaannya yang bergerak di bisnis seluler, yaitu Satelindo dan Indosat Multi Media Mobile (1M3). Di wilayah Surabaya, proses merger ini diikuti dengan pemindahan kantor Satelindo dan 1M3 ke dalam gedung 1ndosat. Ketika Indosat memutuskan untuk melebur anak perusahaannya, sudah seharusnya hum as memfasiltasi. Terutama berkaitan dengan proses menyatukan karyawan dari tiga perusahaan. Dengan latar belakang diatas, maka didapatkan rumusan masalah sebagai berikut: "Bagaimanakah peranan humas PT Indosat ERO dalam proses merger antara PT Indosat, PT Satelindo dan PT Indosat Multi Media Mobile pada publik internal di wilayah Surabaya?N. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan humas PT Indosat dalam membina hubungan internal selama pelaksanaan proses merger antara PT Indosat, PT Satelindo dan PT Indosat Multi Media Mobile di wilayah Surabaya. Dalam penelitian ini digunakan definisi humas dari Baskin & Aronoff serta peranan hum as dari Kusumastuti. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan studi kasus. Sehingga data yang diperoleh berupa data kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Peneliti berusaha untuk menguraikan secara mendalam mengenai peranan humas 1ndosat ERO dalam membina hubungan dengan publik internal selama pelaksanaan proses merger. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan pertanyaan terbuka. Data tersebut bisa didapat dari data pnmer, yaitu hasil wawancara dengan pihak terkait yang berkaitan dengan kegiatan kehumasan untuk publik internal. Didukung data sekunder yang berasal dan data tertulis serta dokumentasi humas 1ndosat ERO yang menunjang pelaksanaan program kerja humas. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan analis!s data model Patton. Hasil penelitian diketahui bahwa peranan humas 1ndosat ERO menjalankan fungsi humas untuk membantu perusahaan dalam mencapai tujuan serta memfasilitasi perubahan yang dilakukan perusahaan. Humas Indosat ERO juga berupaya menciptakan suasana kerja yang harmonis. Serta meminimalisir kemungkinan timbulnya konflik karena perbedaan budaya kerja akibat penyatuan kantor Satelindo dan 1M3 ke dalam gedung Indosat. Namun, fungsi humas yang dijalankan belum ideal. Hal ini terjadi karena inti dari kegiatan kehumasan, untuk menciptakan komunikasi dua arah belum terwujud. Sehingga, model humas Indosat ERO lebih mengarah pada public information, yaitu pemberian informasi yang bersifat satu arah dar! perusahaan kepada karyawan. Peran yang dijalankan oleh humas Indosat ERO masih sebatas fasilitator komunikasi antara perusahaan dengan karyawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK Fis K 61.05 Rek p File fulltext tidak ada
Uncontrolled Keywords: Public Relation
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD59-59.6 Public relations. Industrial publicity
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
MIA RAKHMALIA, 079916090UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLestianingsih D, Dra.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 28 May 2017 17:50
Last Modified: 28 May 2017 17:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57636
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item