Pengaruh Hyperbaric Oxygen (HBO) Terhadap EkspresiHypoxia Induced Factor-1 Alpha (HIF-1 Alpha), Vascular Endothelial Growth Factor (VEGF) dan Luas Jaringan Endometriotik Pada Mencit Model Endometriosis

Cut Mustika, NIM011314153016 (2016) Pengaruh Hyperbaric Oxygen (HBO) Terhadap EkspresiHypoxia Induced Factor-1 Alpha (HIF-1 Alpha), Vascular Endothelial Growth Factor (VEGF) dan Luas Jaringan Endometriotik Pada Mencit Model Endometriosis. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
TKD. 26-16 Mus p abstrak.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
TKD. 26-16 Mus p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Hipoksia pada endometriosis akan meningkatkan ekspresi Hypoxia Inducible Factor-1 alpha(HIF-1alpha) selanjutnya meningkatkan ekspresi Vascular Endothelial Growth Factor(VEGF).Hyperbaric Oxygen(HBO) dapat menurunkan ekspresi HIF-1alpha karena meningkatkan ubiquitinisasi HIF-1alpha.Inilah peluang bagi HBO agar dapat digunakan sebagai salah satu modalitas pendukung pengobatan endometriosis. Tujuan: Menganalisis pengaruh perbedaan dosis HBO 2,4 ATA 3x30 menit perhari selama 10 hari dan 2,4 ATA 90 menit perhari selama 10 hari terhadap ekspresi HIF-1 alpha,VEGF dan luas jaringan endometriotik pada mencit model endometriosis. Metode: Desain penelitian ini adalah eksperimental laboratorium dengan rancangan post test only control design yang dilakukan dengan beberapa tahap yaitu pemodelan endometriosis,perlakuan hiperbarik,dan pengumpulan data.Selanjutnya data diuji normalitas dengan Kolmogorov smirnov dan homogenisitas dengan uji Levene.Bila data berdistribusi normal dan homogen,uji komparasi antar kelompok variabel penelitian diuji dengan Annova yang dilanjutkan dengan uji post hock LSD.Bila data berdistribusi normal dan tidak homogen maka perbedaan rerata diuji dengan Brown forshyte yang dilanjutkan dengan uji post hock dengan menggunakan uji Games Howell.Analisis hubungan antara variabel penelitian dilakukan dengan uji regresi linear. Hasil: Ekspresi HIF-1alpha dijumpai perbedaan bermakna pada kelompok HBO 2.4 ATA 3x30 menit/hari.Ekspresi VEGF dijumpai perbedaan bermakna antara kelompok kontrol dengan kelompok HBO 2.4 ATA 3x30 menit/hari.Luas jaringan endometriotik dijumpai perbedaan bermakna pada kelompok HBO 2.4 ATA 3x30 menit/hari. Kesimpulan: Terdapat hubungan kuat antara penurunan ekspresi HIF-1alpha dengan ekspresi VEGF.Penurunan ekspresi HIF-1alpha merupakan faktor yang memperantarai penurunan luas jaringan endometriosis akibat pemberian HBO 2,4 ATA 3x30 menit perhari selama sepuluh hari. Keywords: Hypoxia, Endometriosis, Hyperbaric Oxygen(HBO), Hypoxia Inducible Factor-1 alpha(HIF-1alpha),Vascular Endothelial Growth Factor (VEGF).

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKD. 26-16 Mus p
Uncontrolled Keywords: Hypoxia, Endometriosis, Hyperbaric Oxygen(HBO), Hypoxia Inducible Factor-1 alpha(HIF-1alpha),Vascular Endothelial Growth Factor (VEGF).
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC666-701 Diseases of the circulatory (Cardiovascular) system
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
Cut Mustika, NIM011314153016NIM011314153016
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMohammad Guritno Suryokusumo, Dr., dr., SMHS., DEA,UNSPECIFIED
Thesis advisorHendy Hendarto, Dr., dr., Sp.OG(K),UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 28 May 2017 17:38
Last Modified: 28 May 2017 17:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57698
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item