EFEK EKSTRAK AIR ROTAN LATUNG (Daemonorops fissus (Miq.) Blume) DALAM MENGHAMBAT MARKER PEMBENTUK FOAM CELL (SEL BUSA) PADA TIKUS

FATMARIA, NIM 051414153008 (2016) EFEK EKSTRAK AIR ROTAN LATUNG (Daemonorops fissus (Miq.) Blume) DALAM MENGHAMBAT MARKER PEMBENTUK FOAM CELL (SEL BUSA) PADA TIKUS. Thesis thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKB KK-2 TF 05_16 Fat e ABSTRAK.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 TF 05_16 Fat e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rotan merupakan produk hasil hutan bukan kayu yang memiliki nilai ekonomi sangat tinggi. Berdasarkan hasil identifikasi jenis rotan di hutan rakyat Tumbang Liting, kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah terdapat 23 jenis rotan komersial salah satunya adalah rotan latung atau dalam bahasa daerah setempat dikenal dengan rotan bajungan (Daemonorops fissus (Miq.) Blume). Umbut dari rotan latung usia 18-19 bulan ini dapat dimakan (Witono, et al., 2013). Rotan latung ini dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh terutama setelah mengkonsumsi makanan berlemak dengan mengolah menjadi sayuran atau direbus yang kemudian hasil rebusan dan airnya dimakan dan diminum. Lignan yang terdapat dalam rotan jenis Calamus quiquesetinervius Burret secara in vitro memiliki aktivitas antioksidan, antiinflamasi dan antiaggregasi platelet (Chang, et al., 2010). Saponin yang terkandung dalam rotan jenis Calamus ornatus secara in vitro memiliki aktivitas antiinflamasi dan menghambat proliferasi sel tumor (Yu, et al., 2008). Rotan latung (Daemonorops fissus (Miq.) Blume) yang terdapat di Kalimantan Tengah dengan rotan (Calamus quiquesetinervius Burret) yang berasal dari taiwan dan rotan (Calamus ornatus) dari Filipina memiliki famili yang sama yaitu Arecaceae. Adanya kesamaan taksonomi dan secara empiris digunakan untuk mencegah kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh maka rotan latung (Daemonorops fissus (Miq.) Blume) diduga memiliki kandungan senyawa saponin dan fenolik seperti lignan yang dapat mencegah terjadinya atherosklerosis. Salah satu faktor resiko terjadinya atherosklerosis adalah hiperlipidemia yang ditandai dengan peningkatan low density lipoprotein (LDL), trigliserida dan total kolesterol yang tinggi serta high density lipoprotein (HDL) yang rendah dalam darah. LDL yang beredar dalam pembuluh darah dan masuk ke dalam subintima dengan jumlah yang meningkat ini dapat menyebabkan kejenuhan endositosis oleh sel endotelium. LDL yang menumpuk dalam subintima akan mengalami oksidasi oleh senyawa oksidan seperti ion superoksida yang membentuk LDL teroksidasi dan kristal kolesterol. LDL teroksidasi ini akan memicu ekspresi gen-gen seperti gen cell adhesion molecule (CAM) (vascular endothelium cell adhesion molecule-1 (VCAM-1) dan intercellular cell adhesion molecule (ICAM)), gen-gen kemokin (macrophage chemotactic protein (MCP) dan platelet-activating factor (PAF)) dan gen-gen faktor pertumbuhan (platelet derived growth factor (PDGF), fibroblast growth factor (FGF) dan monocyte colony stimulating factor (M-CSF)). Dengan adanya gen VCAM-1 akan menstimulasi perlekatan monosit ke endotelium dan dengan bantuan M-CSF monosit akan berdiferensiasi menjadi makrofag. Makrofag secara aktif memfagosit lipoprotein termasuk LDL teroksidasi dan kristal kolesterol kecil yang menyebabkan pembentukan sel busa (Suryohudoyo, 2007; Kumar et al., 2013).

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TF 05/ 16 Fat e
Subjects: R Medicine > RV Botanic, Thomsonian, and eclectic medicine
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsEmail
FATMARIA, NIM 051414153008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantJunaidi Khotib, M.Kes., Ph.D., Apt.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 28 May 2017 18:30
Last Modified: 04 Jun 2017 16:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57702
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item