BARTENDER STANDART OPERATIONAL PROCEDURE DI SCUDETTO CAFE & RESTO SURABAYA (Study Deskriptif Terhadap Standart Operational Procedure di SCUDETTO CAFE & RESTO SURABAYA)

JOSHUA JOHANNES F.S (2005) BARTENDER STANDART OPERATIONAL PROCEDURE DI SCUDETTO CAFE & RESTO SURABAYA (Study Deskriptif Terhadap Standart Operational Procedure di SCUDETTO CAFE & RESTO SURABAYA). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis PW 88-05 Jos B.pdf

Download (9MB) | Preview
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Kualitas pelayanan dalam suatu hotel merupakan hal yang sangat penting, dalam hal ini adalah Standard Operating Procedure, Standard Operating Procedure dibuat sebagai pedoman untuk melakukan kegiatan operasionalnya, Operasional yang dimaksud disini adalah tugas-tugas rutin, evaluasi yang dilakukan dalam organisasi atau unluk pengambilan keputusan oleh organisasi tersebut. Selain SOP diatas dibutuhkan sumber daya manusia yang memadai guna dapat menjalankan semua fasilitas operasionaI yang dimiliki oleh hotel sehingga dapat menghasilkan kualitas pelayanan dan kinerja yang baik terhadap tamu, Untuk menghasilkan kualitas pelayanan yang baik, dalam hal ini pihak manajemen harus memiliki Standard Operating Procedure atau cara-cara khusus sebagai pedoman untuk operasional hotel dan cara-cara untuk meningkatkan mulu dari sumber daya manusia yang ada pada organisasi itu sendiri. Dalam penelitian ini penulis meneliti tentang bagaimana Bar dan Minuman dapat membantu/mengangkat penjualan dalam perolehan keuntungan dan tentunya dibantu dengan departement lainnya dalam melakukan/ memberikan pelayanan yang prima kepada tamu-tamu di Scudetto Cafe N' Resto, Untuk mengetahui kendala dan solusi dalam pelayanan Bar. Seperti saat seorang Bartender melalaikan tugasnya, dan bagaimana seorang Manager menanganinya, Untuk mengetahui bagaimana penyeiesaian seorang Manager dalam menghadapi setiap permasalahan yang terjadi dalam setiap departement yang dipimpinnya. Penelitian ini dilakukan dibagian Food & Beverage departement yang dilaksanakan di Scudetto Sports Cafe (Scudetto Cafe N' Resto), terletak di daerah yang cukup representative yakni dipusat kota Surabaya (JL Gubemur Suryo I-1 Surabaya). Dengan jangka waktu tiga bulan dan pelaksanaannya dimulai bulan Maret sampai dengan Mei 2004, dan merupakan Sport Cafe yang pertama di Surabaya, dimana didalamnya terdapat dekorasi ruangan yang dihiasi dengan berbagai atribut olahraga sehingga menjadikan suasana sangat kental sekali dengan sport, Dan merupakan satu-satunya cafe yang cocok untuk event-event olahraga. Dalam penelitian ini penentuan obyek penelitian ditetapkan terlebih dahulu, Informan disini adalah orang yang dimanfaatkan untuk memberikan informasi tentang situasi dan kondisi latar penelitian (Moleong, 1991: 90), Pada kesempatan ini penulis meneliti bagaimana operasional dari Standard Operating Procedure dari Bar, kendala -kendala yang mengganggu serta upaya yang dilakukan untnk mengatasi kendala yang ada pada operasional Cafe tersebut, Kerangka pemikiran yang ditulis di dalam penelitian ini selain dibuat sendiri oleh penulis juga diambil dari buku-buku yang berhubungan dengan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FIS PW.88/05 Jos b (FULL TEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: cafe, resto
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM
JOSHUA JOHANNES F.SNIM070110800-S
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFalih Suaedi, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 28 May 2017 18:57
Last Modified: 28 May 2017 18:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57709
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item