EFEK EKSTRAK AKAR PACAR AIR (IMPATIENS BALSAMINA LINN) TERHADAP MOTILITAS DAN KEMAMPUAN HIDUP SPERMATOZOA KAMBING SECARA IN VlTRO

NURAENI RETNO, 069912611 (2004) EFEK EKSTRAK AKAR PACAR AIR (IMPATIENS BALSAMINA LINN) TERHADAP MOTILITAS DAN KEMAMPUAN HIDUP SPERMATOZOA KAMBING SECARA IN VlTRO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 65-04 RET E.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efek spennatisida terhadap motilitas dan kemarnpuan hidup spennatozoa pada ekstrak akar pacar air dengan efek yang sarna pada yeUy kondom merk Dua Lima. Air mam dari 5 ekor kambing jantan percobaan ditampung di dalam vagina buatan, dan dilakukan pemeriksaan kualitas dan kuantitasnya. Disain percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan 6 faktor kelompok, yaitu: PI, P2, P3, P4, P5 dan P6 dengan masing-masing 5 ulangan. Pengamatan terhadap motilitas dan kemampuan hidup spennatozoa dilakukan pada menit-menit ke: 1, 3, 10, 30, 60, 90 dan 120. Kelompok kontrol negatof (PI) berisi campuran air mani dengan larutan hank's, kelompok kontrol positif (P2) berisi campuran air mani dengan tarutan hank's ditambah yelly kondom merk Dua Lima. Sedangkan untuk kelompok-kelompok lainnya, selain diisi campuran air mani dengan larutan hank's, berturut-turut ditambah ekstrak akar pacar air dengan konsentrasi yang berbeda-beda. Untuk P3 dengan konsentrasi 1 %, P4 dengan konsentrasi 3%, P5 dengan konsentrasi 10010 dan P6 dengan konsentrasi 30%. Data dianalisis menggunakan Sidik Ragam yang dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT) 5%. Hasil penelitian masing-masing ketompok dibandingkan dengan kelompok kontrol negatif (PI) maupun dengan kelompok kontrol positif (P2), untuk melihat berapa besar pengaruh penambahan ekstrak akar pacar air terhadap motilitas dan kemampuan hidup spennatozoa. Khusus untuk perbandingan terhadap yelly kondom merk Dua Lima(P2) akan didapat satu kelompok dengan konsentrasi penambahan ekstrak akar pacar air tertentu, dimana penurunan motilitas dan kemampuan hidup lebih besar dari yelly kondom. Dalam hal ini P5 yaitu kelompok dengan konsentrasi ekstrak akar pacar air 10 % akan memenuhi persyratan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH 65/04 Ret e
Uncontrolled Keywords: GOATS-SPERMATOZOA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF380-388 Goats
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsEmail
NURAENI RETNO, 069912611UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorWurlina, Dr., M.S., Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 28 May 2017 19:56
Last Modified: 28 May 2017 19:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57720
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item