PENGARUH PEMBERIAN AIR SUNGAI DAN PDAM JAGIR TERHADAP PERUBAHAN HISTOPATOLOGI GINJAL, KADAR NITROGEN UREA DAN KREATININ SERUM TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus)

GRACIA ANGELINA HENDARTI, 068911561 (1994) PENGARUH PEMBERIAN AIR SUNGAI DAN PDAM JAGIR TERHADAP PERUBAHAN HISTOPATOLOGI GINJAL, KADAR NITROGEN UREA DAN KREATININ SERUM TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk fkh 929.96 hen p.pdf

Download (103kB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian in1 bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelnberian air sungai dan PDAM Jagir terhadap perubahan histopatologi ginjal, kadar nitrogen urea dan kreatinin serum tikus putih. Sejumlah 30 ekor tikus putih betina berumur kurang lebih tiga bulan. sebagai hewan percobaan dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga kelompok perlakuan dengan masing-masing perlakuan terdiri dari sepuluh' ulangan. Adapun ketiga kelompok perlakuan itu adalah sebagai berikut kelompok kontrol atau Po (pemberian minum dengan air mineral), kelompok perlakuan pertama atau Pl (pemberian minum dengan air dari PDAH Jagir) dan kelompok perlakuan kadUK atau P2 (pamberian minum dengan air sungai Jagir). Pemberian minum secara ad libitum sesuai perlakuan diganti satisp hari. Rancangan penelitian yang digunakan untuk perubahan histopatologi ginjal adalah uji statistik non para~letrik Kruskal Wallis, sedangkan untuk kadar nitrogen urea dan kreatinin serum digunakan Ranoangan Aoak Lengkap. Hasil dari katiga panelitian pada tikus putih tarsabut diatas tidak menunjukkan perbedaan yang nyata untuk ketig. perlakuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK FKH 929.96 Hen p FILE FULL TEXT TIDAK ADA
Uncontrolled Keywords: Water Pollution, Tikus Putih
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > Including veterinary genetics, ethology, anatomy, physiology, embryology, pathology
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD419-428 Water pollution
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
GRACIA ANGELINA HENDARTI, 068911561UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAjik Azmijah, SU.,DrhUNSPECIFIED
Thesis advisorSorini Soehartojo, DrhUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 30 May 2017 22:06
Last Modified: 30 May 2017 22:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57727
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item