RESPON BIRAHI DAN OVULASI DENGAN PENYUNTIKAN PROSTAGLANDIN F 2 ALPHA ANALOG BERULANG PADA KUDA YANG MENGALAMI KORPUS LUTEUM PERSISTEN

KASUMA JAYA, 068911583 (1994) RESPON BIRAHI DAN OVULASI DENGAN PENYUNTIKAN PROSTAGLANDIN F 2 ALPHA ANALOG BERULANG PADA KUDA YANG MENGALAMI KORPUS LUTEUM PERSISTEN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk fkh 931.96 jar r.pdf

Download (104kB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

Penelltlan Inl bertujuan untuk mengetahul pengaruh Prostaglandin F 2 alpha sebagal obat Infertilitas pada' kuda dengan korpus luteum persisten terhadap kecepatan tlmbulnya birahi, lama blrahi, jumlah blrahl can jumlah ovulasi serta membandingkan antara penyuntikan pertama dan penyuntlkan kedua. Sejumlah tujuh ekor kuda betlna hasll silangan Pony dan Thoroughbred yang berumur 5-9 tahun, generasi 1 atau 2, telah beranak 1 kali hingga 3 kal! dengan klasitlkasi C (tinggi pundak maksimum 148,9 em). Hewan coba Inl didapatkan dengan sampling purposlf yaitu hanya kuda-kuda yang mengalami anestrus, tidak bunting. can terdapat bentukan korpus luteum. Penentuan korpus luteum dilakukan dengan anamnesa, penentuan Kadar hormon progesteron dan palpasi rektal. Selama percobaan ketujuh ekor kuda mendapat perlakuan penyuntikan Prostaglandin F 2 alpha berulang sebanyak 12,5 mg secara intra muskuler dengan selang waktu 18-20 hari. Hormon Chorionic Gonadotropin (HCG) diber!kan har! ke 2 sejak mulainya birahi balk gelombang I maupun gelombang II. Untuk membedakan kecepatan tlmbulnya blrahi. lama birahi dan ovulasi digunakan uji t berpasangan. Hasil penelitlan menunjukan bahwa sebagal obat infertilitas. Prostaglandin F 2 alpha me~berikan hasil yang baik dan menunjukan tidak ada perbedaan yang nyata terhadap kecepatan tlmbulnya birahi, lama birahi dan ovulasi pada penyuntikan pertarna dan penyuntikan kedua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK FKH 931.96 Jar r FILE FULLTEXT TIDAK ADA
Uncontrolled Keywords: Horse; Breeding
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF277-360.4 Horses
S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF925 Veterinary physical medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
KASUMA JAYA, 068911583UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDNK L. MAHAPUTRA, Dr.,MSc.,DrhUNSPECIFIED
Thesis advisorGARRY C. DE VRIES, MSc.,DrhUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 30 May 2017 17:09
Last Modified: 30 May 2017 17:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57730
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item