PENGUJIAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DENGAN METODE (DPPH) PADA MIKROALAGA Scenedesmus sp. DI PUSAT PENELITIAN BIOTEKNOLOGI LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN INDONESIA (LIPI) CIBINONG, BOGOR, JAWA BARAT

RENY RACHMALIA, 141311133110 (2016) PENGUJIAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DENGAN METODE (DPPH) PADA MIKROALAGA Scenedesmus sp. DI PUSAT PENELITIAN BIOTEKNOLOGI LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN INDONESIA (LIPI) CIBINONG, BOGOR, JAWA BARAT. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
RINGKASAN.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
PKL. PK. BP. 250-16 Rac p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair. ac.id

Abstract

Mikroalga merupakan biota yang melimpah di Indonesia, akan tetapi sampai saat ini belum dimanfaatkan dengan baik. Mikroalga Scenedesmus sp. memiliki senyawa aktif karotenoid, riboflavin, dan fenol yang dapat digunakan sebagai antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang dapat mencegah terjadinya reaksi oksidasi senyawa lainnya baik dalam tubuh maupun untuk senyawa-senyawa lain yang mudah teroksidasi, namun kandungan senyawa antioksidan dalam mikroalga Scenedesmus sp. banyak belum diketahui secara pasti. Tujuan praktek kerja lapang ini adalah untuk mengetahui prosedur analisis antioksidan dengan menggunakan metode (DPPH). Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Cibinong, Bogor, Jawa Barat pada 18 Januari-26 Februari 2016. Metode kerja yang digunakan adalah metode langsung dan deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, partisipasi aktif dan studi literatur. Metode ekstraksi menggunakan sistem ekstraksi bertingkat dengan pelarut n-heksan, etil asetat, dan etanol. Hasil rendemen terbanyak didapatkan pada pelarut etanol. Pengujian antioksidan menggunakan metode (DPPH) diukur serapannya menggunakan Spektrofotometri UV-vis dengan panjang gelombang 517 nm. Hasil Ekstrak n-heksan, etil asetat, dan etanol menunjukkan masing-masing memiliki nilai IC50 sebesar 1318,6 ppm, 1413,5 ppm, dan 422,69 ppm.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL PK BP 250-16 Rac p
Uncontrolled Keywords: antioksidan; mikroalga
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD71-142 Analytical chemistry
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
RENY RACHMALIA, 141311133110UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLaksmi Sulmartiwi, Dr. , S.Pi., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 30 May 2017 16:47
Last Modified: 30 May 2017 16:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57759
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item