KEBUGARAN JASMANI YANG LEBIH BAIK DITEMUKAN PADA ANAK YANG TIDAK AKTIF BERMAIN GAME ONLINE DIBANDINGKAN DENGAN ANAK YANG AKTIF BERMAIN GAME ONLINE

HAERIL, 011414553014 (2016) KEBUGARAN JASMANI YANG LEBIH BAIK DITEMUKAN PADA ANAK YANG TIDAK AKTIF BERMAIN GAME ONLINE DIBANDINGKAN DENGAN ANAK YANG AKTIF BERMAIN GAME ONLINE. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK TKO 14-16 Hae k.pdf

Download (669kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
2. FULLTEXT TKO 14-16 Hae k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Pengaruh kecanggihan serta fitur permainan game online memiliki dampak negatif pada fisik anak, yaitu menyebabkan gangguan pada syaraf mata, otak, organ dalam manusia, berat badan menurun akibat lupa makan, kesehatan tubuh menurun akibat kurang berolahraga dan mudah lelah ketika melakukan aktivitas fisik. Berdasarkan uraian di atas, perlu dilakukan penelitian tentang pengaruh anak yang aktif dengan permainan game online terhadap kebugaran jasmani. Tujuan: Menjelaskan penurunan kebugaran jasmani pada anak yang aktif bermain game online. Metode: Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian observasional dan desain penelitian yang digunakan adalah “crossectional”. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 SMP PGRI 1 Surabaya yang berumur 13 dan 14 tahun dan berjenis kelamin laki-laki, aktif dan tidak aktif bermain game online, Bermain Game online lebih dari 4 jam sehari dan 4 kali dalam seminggu. Subjek penelitian terlebih dahulu melakukan tes antropometri antara lain pengukuran tinggi badan dan berat badan kemudian melakukan tes kebugaran jasmani yang meliputi lari cepat 50 meter, sit up selama 60 detik, pull up selama 60 detik, vertical jump dan lari 1000 meter. Hasil: Hasil uji t independen tes diperoleh nilai (p=0,021) yang artinya ada perbedaan signifikan antara kelompok anak yang aktif bermain game online dengan anak yang tidak aktif bermain game online. Kesimpulan: Kebugaran jasmani anak yang tidak aktif bermain game online lebih baik dibandingkan dengan anak yang aktif bermain game online.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKO 14/16 Hae k
Uncontrolled Keywords: Kebugaran Jasmani, Game online
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsEmail
HAERIL, 011414553014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSuhartono Taat Putra, Prof., Dr., dr., M.S.UNSPECIFIED
ContributorSulistiawati, Dr., dr., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 30 May 2017 18:04
Last Modified: 30 May 2017 18:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57795
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item